Banding Ditolak FIFA, Chelsea Tak Bisa Beli Pemain di Dua Bursa Transfer

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 08 45 2053233 banding-ditolak-fifa-chelsea-tak-bisa-beli-pemain-di-dua-bursa-transfer-TeDVXozdfJ.jpg Skuad Chelsea. (Foto: Twitter Chelsea)

LONDON – Pengajuan banding yang dilakukan Chelsea atas larangan transfer pemain selama dua bursa transfer mendatang sudah resmi ditolak oleh Federasi Sepakbola Dunia (FIFA), pada Rabu (8/5/2019). Dengan begitu, Chelsea dipastikan takkan bisa melakukan belanja pemain saat bursa transfer musim panas 2019 dan musim dingin 2020.

Akan tetapi, Chelsea masih bisa membeli pemain baru dengan syarat pesepakbola itu berusia di bawah 16 tahun dan berada di kawasan Britania Raya. Selain itu mereka juga bisa menjual pemain mereka dalam hukuman larangan tersebut. Hukuman tersebut tidak berlaku untuk tim sepakbola wanita Chelsea dan futsalnya.

Baca Juga: Usai Dibantai Liverpool, Messi Justru Ditinggal Skuad Barcelona

“Komite banding FIFA telah memutuskan untuk menahan sebagian banding yang diajukan oleh Chelsea. Larangan itu juga berlaku untuk klub secara keseluruhan. Kecuali tim sepakbola wanita dan futsalnya. Hukuman itu juga tak melarang (Chelsea) untuk melepaskan pemain-pemainnya,” tulis pernyataan dari FIFA, dikutip dari BBC, Rabu (8/5/2019).

Selain dilarang melakukan pembelian pemain, Chelsea juga dikenakan hukuman untuk membayar 460 ribu pounds atau sekira Rp8,5 miliar. Selain Chelsea, Federasi Sepakbola Inggris (FA) juga dikenakan denda 390 ribu pounds oleh FIFA.

Hukuman yang diberikan kepada Chelsea itu merupakan imbas dari tindakan The Blues –julukan Chelsea– yang mendatangkan pemain asing di bawah usia 18 tahun selama beberapa jendela transfer. Padahal hal tersebut merupakan sebuah hal yang ilegal di dunia sepakbola. Akan tetapi, Chelsea masih bisa mengajukan banding lagi ke Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini