Share

Berkat Gol Bunuh Diri Rusia, Kroasia Lolos ke Piala Dunia 2022

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Minggu 14 November 2021 23:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 14 51 2501709 libas-rusia-1-0-kroasia-lolos-ke-piala-dunia-2022-GEHCiLfoKA.jpg Laga Timnas Kroasia vs Timnas Rusia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. (Foto: Reuters)

SPLIT – Laga Tim Nasional (Timnas) Kroasia vs Rusia dalam matchday ke-10 Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa sudah rampung digelar. Hasilnya, Kroasia yang menang dengan skor 1-0, sukses memastikan diri melenggang mentas ke ajang Piala Dunia 2022.

Bermain di Stadion Poljud, Minggu (14/11/2021) malam WIB, Kroasia harus bersusah payah dalam melibas Rusia. Gol semata wayang pada laga ini baru tercipta pada menit-81 karena gol bunuh diri Fyodor Kudryashov.

Laga Timnas Kroasia vs Rusia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Foto: Reuters

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Kroasia sebagai tim tuan rumah mendominasi sejak jalannya babak pertama. Sejumlah peluang didapat, namun belum ada yang bisa berbuah gol.

BACA JUGA: Jorginho Lagi-Lagi Gagal Eksekusi Penalti untuk Italia, Francesco Totti Beri Pembelaan

Sepanjang 30 menit awal pertandingan, Luka Modric dkk tidak pernah mendapatkan ancaman dari lawannya. Mereka benar-benar lebih sering menyerang.

BACA JUGA: Portugal vs Serbia: Fernando Santos Janji Cristiano Ronaldo Dkk Bakal Menang demi Tiket ke Piala Dunia 2022

Di menit-menit tersisa, tim Vatreni -julukan Timnas Kroasia- terus dengan percobaan-percobaan tendangan mengarah ke gawang. Namun sekian banyak peluang, tak ada satu pun yang mampu dikonversikan menjadi gol.

Alhasil, skor 0-0 pun terus terjaga hingga akhir babak pertama. Rusia dan Kroasia sama kuat hingga jeda turun minum

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, permainan tak banyak berubah. Namun kali ini, serangan Kroasia sudah mulai membuat pertahanan Rusia kocar kacir dan panik.

Laga Timnas Kroasia vs Rusia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Foto: Reuters

Benar saja, di menit 81, bek Rusia Fyodor Kudryashov melakukan kesalahan dengan menghalau bola justru mengarah ke gawangnya sendiri. Alhasil ia menciptakan gol bunuh diri sekaligus menentukan kekalahan timnya pada laga tersebut.

Pada laga ini, dominasi Kroasia sangat signifikan dengan menciptakan penguasaan bola sebesar 68 persen dibanding 31 persen. Mereka juga menciptakan total percobaan tendangan sebanyak 19 kali berbanding 2 milik Rusia.

Kemenangan 1-0 atas Rusia pun langsung membawa Kroasia lolos ke Piala Dunia 2022. Kepastian lolos itu karena Kroasia berhasil keluar sebagai pemuncak Grup H pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Kroasia mengumpulkan poin 23 dari hasil 7 kemenangan, 2 kali seri, dan 1 kekalahan. Sementara Rusia, mereka berada di peringkat kedua dengan mengumpulkan poin 22. Keluar sebagai runner up, mereka masih harus melanjutkan perjalanan di ronde kedua kualifikasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini