Share

FIFA Resmi Gelar Ulang Pertandingan Brasil vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Selasa 10 Mei 2022 00:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 51 2591463 fifa-resmi-gelar-ulang-pertandingan-brasil-vs-argentina-di-kualifikasi-piala-dunia-2022-zona-conmebol-LHwwf5jEwC.jpg FIFA resmi gelar ulang laga Brasil vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol (Foto: Reuters)

FEDERASI Sepakbola Internasional (FIFA) secara resmi mengumumkan akan kembali menggelar ulang laga Brasil vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan (Conmebol). Sebelumnya laga ini sempat dihentikkan, lantaran diangggap melanggar protokol kesehatan di Brasil.

Pada pertandingan yang berlangsung pada 5 September 2021 lalu di Neo Quimica Arena, Sao Paolo, Brasil itu, wasit memberhentikan laga ketika baru berjalan enam menit. Hal itu terjadi setelah otoritas kesehatan Brasil dan petugas keamanan setempat masuk ke lapangan.

Argentina vs Brasil

Kedua pihak tersebut mencari empat pemain Argentina, yakni Emiliano Buendia, Emiliano Martinez, Giovani Lo Celco dan Cristian Romero. Keempat pemain tersebut dianggap melanggar protokol kesehatan, dalam hal ini adalah kewajiban karantina selama 14 hari setelah tiba di Negeri Samba.

Alhasil, pertandingan itu pun terpaksa ditunda. Kemudian, FIFA memberikan denda kepada Federasi Sepakbola Brasil (CBF) dan juga Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA). Namun, baik CBF dan AFA melakukan banding atas hukuman tersebut.

Dilansir dari laman resmi FIFA, Komite Banding FIFA telah mengambil keputusan atas banding yang diajukan oleh CBF dan AFA. Mereka memutuskan untuk mengulang pertandingan antara Brasil dan Argentina yang sempat tertunda tersebut.

Akan tetapi, belum diketahui tanggal pasti pertandingan ulang tersebut akan digelar. Selain itu, Komite Banding FIFA juga memutuskan untuk mengurangi denda kepada CBF dan AFA menjadi 50.000 Franc Swiss (Rp730 juta). 

Sebelumnya, CBF sempat disanksi 250.000 Franc Swiss (sekira Rp 3,6 miliar), karena dianggap lalai dalam menegakkan ketertiban dan keamanan. Lalu, bagi AFA, jumlah tersebut lebih ringan 100.000 Franc Swiss (Rp1,4 miliar) lebih ringan dari sebelumnya.

Brasil vs Argentina

Mereka didenda akibat kegagalan mereka memenuhi kewajiban dalam persiapan dan partisipasi pertanidngan. Kendati bakal diulang, laga antara Selecao –julukan Brasil- dan La Albiceleste –julukan Argentina- tersebut sudah tidak akan berpengaruh apa-apa.

Pasalnya, Brasil sudah tak mungkin terkejar dari posisi pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol. Selain itu, kedua tim ini juga sudah dipastikan bakal mentas di Piala Dunia 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini