Share

Hasil Wales vs Ukraina di Playoff Piala Dunia 2022: Menang 1-0, Gareth Bale Cs Lolos ke Qatar

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 51 2606126 hasil-wales-vs-ukraina-di-playoff-piala-dunia-2022-menang-1-0-gareth-bale-cs-lolos-ke-qatar-ggQwxvhdMQ.JPG Wales lolos ke Piala Dunia 2022 usai kalahkan Ukraina di Playoff kualifikasi. (Foto: Reuters)

CARDIFF – Tim Nasional (Timnas) Wales memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar usai menang 1-0 atas Ukraina di babak playoff pada Senin (6/6/2022) dini hari WIB. Wales menang dengan skor tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Andriy Yarmolenko di menit 34 usai gagal menghalau tendangan bebas Gareth Bale.

Kemenangan 1-0 atas Ukraina itu lantas menjadikan Wales sebagai tim ke-30 yang berhak bermain di Piala Dunia 2022 Qatar. Sementara Ukraina harus mengubur mimpi mereka untuk tampil di Qatar akhir tahun ini.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Wales vs Ukraina di playoff Piala Dunia 2022. (Reuters)

Bermain di hadapan publiknya sendiri, Wales justru mendapat tekanan dari Ukraina. Gareth Bale dkk sempat kerepotan untuk meredam perlawanan yang diberikan tim asuhan Oleksandr Petrakov sejak menit awal.

Pada menit ke-11, Ukraina nyaris saja menjebol gawang tim tuan rumah lewat tendangan yang dilesatkan Yeremchuk. Namun sayangnya tendangan tersebut masih bisa ditepis oleh Hennessey. Sementara itu, Wales masih tampak kesulitan untuk keluar dari tekanan para pemain lawan.

Ukraina benar-benar mendominasi jalannya pertandingan ini. Bahkan mereka membuat peluang emas kembali di menit ke-29 lewat tendangan Zinchenko. Namun lagi-lagi, Hennessey dapat mengantisipasi tendangan tersebut dengan sangat baik.

Meski tampil dominan, Ukraina justru harus bernasib sial. Pasalnya, pada menit ke-34, Wales sukses menjebol gawang yang dijaga Bushchan karena tendangan bebas yang dilesatkan Gareth Bale menyentuh badan dari Yarmolenko sehingga membuat bola berubah arah.

Wales yang sedang unggul 1-0 pun mencoba untuk mempertahankan keunggulannya tersebut hingga jeda turun minum. Dan benar saja, sampai peluit babak pertama dibunyikan, tidak ada tambahan gol yang tercipta.

Babak Kedua

Di babak kedua ini, Ukraina sama sekali tak menurunkan tempo permainannya. Mereka masih mendominasi permainan. Bahkan boleh dibilang, Wales tak diberi kesempatan sedikitpun untuk menguasai bola.

Berkali-kali Ukraina mendapatkan peluang emasnya namun tidak ada yang berbuah gol. Sementara itu, Wales perlahan mulai bangkit. Tim arahan Robert Page itu mulai mendapatkan celah untuk bisa menembus pertahanan tim tamu.

Di menit ke-76, Wales nyaris saja menggandakan kedudukannya. Akan tetapi, kiper Ukraina melakukan penyelamatan yang sangat apik. Pasalnya, Bushchan melakukan double save dengan menepis tendangan Johnson dan Bale.

Wales vs Ukraina di playoff Piala Dunia 2022. (Reuters)

Tak berselang lama atau tepatnya di menit ke-78, Ukraina melakukan serangan balik cepat. Yarmolenko hampir saja mampu membayar kesalahannya. Tapi tendangan yang dia lancarkan masih bisa di blok oleh Ben Davies.

Pada lima menit waktu akhir, Ukraina terus menggempur pertahanan Wales. Wajar saja itu mereka lakukan. Mengingat, laga ini sangat penting karena untuk memastikan tiket ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Namun sayang, Ukraina harus menerima kenyataan yang pahit. Mereka kalah dari Wales dengan skor tipis 0-1. Padahal dari segi penguasaan bola, Yarmolenko dkk sangat mendominasi. Hasil ini sekaligus membuat mimpi mereka untuk mentas di Piala Dunia 2022 harus sirna.

Susunan Pemain Wales vs Ukraina:

Wales (3-5-2): Hennessey; Ampadu, Rodon, Ben Davies; Roberts, Ramsey, Allen, Daniel James, Williams; Bale, Moore.

Pelatih: Robert Page.

Ukraina (4-1-4-1): Bushchan; Karavayev, Zabarnyi, Matvienko, Mykolenko; Stepanenko; Yarmolenko, Malinovskiy, Zinchenko, Tsygankov; Yeremchuk.

Pelatih: Oleksandr Petrakov.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini