Berburu Pelatih Baru, Arema FC Pertimbangkan Sejumlah Nama

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 49 2390678 berburu-pelatih-baru-arema-fc-pertimbangkan-sejumlah-nama-SzxFi88cNR.jpg Arema FC kurang apik di Piala Menpora 2021 (Foto: Liga Indonesia Baru)

MALANG - Sejumlah nama kandidat pelatih kepala Arema FC muncul. Salah satu dari nama yang masuk yakni Milan Petrovic yang notabene pernah menangani Arema FC pada Liga 1 2018.

Manajer Umum Arema FC Ruddy Widodo mengakui Milan Petrovic sempat menghubungi dirinya dan bermaksud ingin kembali ke Arema. Namun Ruddy belum bisa memutuskan nama pelatih kepala baru lantaran bukan haknya. 

Baca juga: Pemain Asing Baru Arema FC Wajib Punya Pengalaman Segudang di Asia Tenggara, Siapa Dia?

"Kami menghargai keinginannya untuk kembali, kami respek kepadanya. Tapi maaf, bukan saya yang mengambil keputusan menunjuk pelatih kepala,” ujar Ruddy Widodo saat dikonfirmasi media pada Rabu (7/4/2021).

Milan Petrovic diperkenalkan pada 2018 (Foto: Arema FC)

Selain nama Milan Petrovic satu nama yang muncul yakni Vicenzo Alberto Annese. Nama pelatih asal Italia berusia 36 tahun ini juga dikabarkan masuk kandidat pelatih kepala Singo Edan. Kembali, Ruddy bergeming keputusan pelatih kepala bukan wewenangnya.

Baca juga: Lepas Caio Ruan, Arema FC Rujuk Lagi dengan Arthur Cunha?

"Bukan saya yang memutuskan siapa yang akan menjadi pelatih kepala Arema nantinya. Keputusan untuk menunjuk itu ada di tangan direksi klub, tentu berdasarkan masukan dari saya, staf pelatih dan pemain,” ungkapnya.

Selain dua nama tadi, manajemen juga menggunakan opsi pelatih lokal pada Liga 1 2021. Namun ada sejumlah kriteria standar yang harus dipenuhi pelatih lokal tersebut, salah satunya berlisensi AFC Pro.

"Arahannya direksi, kalau pelatih lokal bukan sembarang lokal, tapi tetap yang berlisensi AFC Pro. Kami juga berpikir panjang soal AFC Club Licensing, pelatih kepala 'kan harus Pro. Tiap tahun kami lolos licensing tersebut, makanya tahun ini agar lolos lagi ya harus pakai pelatih Pro juga,” bebernya.

Menurutnya, opsi pelatih lokal dipilih lantaran secara pengalaman dan komunikasi tak ada kendala dengan pemain, sehingga dianggap memudahkan persiapan tim secara keseluruhan. Pelatih asing yang baru mengetahui iklim persepakbolaan Indonesia, dianggap perlu adaptasi lagi sehingga memerlukan waktu.

Skuad Arema FC (Foto: Liga Indonesia Baru)

Selain itu dari sisi komunikasi bahasa menjadi hal yang perlu direspon serius. Mengingat komunikasi merupakan hal penting untuk mengimplementasikan program dan visi misi di lapangan.

"Salah satu alasan kami ya demi menyesuaikan para asisten. Mereka kan tidak fasih berbahasa Inggris. Kalau pelatihnya lokal, bisa jadi tidak butuh waktu lama untuk adaptasi komunikasi,” tukasnya.

Arema FC sendiri saat Piala Menpora 2021 ditangani oleh Kuncoro, yang notabene merupakan asisten pelatih  pada musim lalu. Lantaran dipegang pelatih yang kurang mumpuni, Arema FC tak mampu meraih hasil maksimal hingga terhenti di penyisihan Grup A Piala Menpora 2021. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini