Share

Diduga Lakukan Praktik Sepakbola Gajah, Persib Bandung, Barito Putera, dan PSSI Digugat ke Pengadilan Negeri

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 18 April 2022 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 49 2580867 diduga-lakukan-praktik-sepakbola-gajah-persib-bandung-barito-putera-dan-pssi-digugat-ke-pengadilan-negeri-iyiCrpPb8u.jpg Barito Putera vs Persib Bandung. (Foto: Instagram/liga1match)

JAKARTA – Persib Bandung, Barito Putera, David da Silva, hingga PSSI dikabarkan telah resmi digugat oleh fans Persipura Jayapura ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Mereka semua digugat karena diduga ada praktik sepakbola gajah.

Gugatan itu dilakukan oleh empat orang fans Persipura yang mendaftarkan kasus tersebut dengan nomor 211/Pdt.G/202/PN Jkt.Pst pada 14 April 2022 kemarin. Sejauh ini status perkaranya masih penunjukkan jurusita dan nama untuk perkara belum ditetapkan.

Sehingga sidang pertama dari kasus dugaan sepakbola gajah tersebut masih belum ditetapkan. Kendati demikian, gugatan itu langsung berhasil menarik perhatian para pencinta sepakbola Tanah Air.

Barito vs Persib

Keempat fans Persipura itu diketahui meminta sejumlah poin untuk dikabulkan oleh hakim persidangan. Namun, inti dari gugatannya adalah membatalkan hasil laga Persib vs Barito di Liga 1 2021-2022 atau melakukan tanding ulang.

Penggugat juga meminta laga Persib vs Barito sebagai pertandingan yang memainkan sepakbola gajah yang melanggar prinsip fair play. Poin lainnya dan mungkin menjadi yang terpenting adalah keempat fans Mutiara Hitam itu meminta agar status degradasi Persipura ditarik.

Penggugat ingin Persipura diperbolehkan kembali tampil di Liga 1 musim depan. Menariknya lagi, kempat fans Persipura juga menyebut satu pemain Persib, yakni David da Silva yang terlibat dalam sepakbola gajah.

Untuk itulah penggugat berharap jika Davild da Silva terbukti terlibat dalam kasus dugaan sepakbola gajah, maka pemain tersebut harus dipulangkan ke negara asal dan tak boleh lagi bermain di sepakbola Indonesia.

Kurang lebih itulah inti dari gugatan yang disampaikan oleh keempat fans Persipura tersebut. Kendati demikian sejauh ini kasus tersebut masih belum diketahui kapan sidang pertamanya akan digelar.

Barito vs Persib

Berikut poin gugatan fans Persipura kepada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat:

1. Meminta PSSI mendiskualifikasi Persib Bandung dan Barito Putera karena merusak citra sepak bola Indonesia dengan dugaan sepak bola gajah.

2. Mengembalikan 3 poin Persipura dan menggelar ulang pertandingan Persipura dan Madura United yang waktu itu mestinya digelar.

3. Membuat regulasi untuk menambah kuota peserta Liga 1 2022/2023.

4. Memulangkan ke negara asalnya dan menjatuhkan sanksi seberat mungkin kepada David Da Silva (pemain Persib).

5. Memberi waktu kepada PSSI untuk menyelesaikan persoalan dalam kurun waktu 7 x 24 jam sejak pernyataan ini dibacakan.

6. Jika tidak diindahkan oleh PSSI, dari Persipura Mania maupun Kompaja mau memobilisasi aksi yang lebih besar.

7. Jika permasalahan Persipura tak ditanggapi, akan dibawa ke FIFA

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini