Gabung Manchester City, Reputasi Lionel Messi Rusak

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 51 2298815 gabung-manchester-city-reputasi-lionel-messi-rusak-dhu0KABAy5.jpg Lionel Messi bisa tinggalkan Barcelona pada musim panas 2021. (Foto: Laman resmi Barcelona)

MADRID – Presiden Liga Spanyol (LFP), Javier Tebas, memberi peringatan kepada Lionel Messi yang berniat meninggalkan Barcelona pada musim panas 2021. Tebas menilai Lionel Messi memang mendapatkan banyak uang jika pindah ke Manchester City, klub yang dikait-kaitkan dengan La Pulga –julukan Messi– dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, Tebas menilai reputasi yang telah dibangun Lionel Messi selama belasan tahun bisa rusak jika meninggalkan Barcelona. Sebab bersama klub baru, tidak ada jaminan Lionel Messi akan sesukses seperti bersama Blaugrana –julukan Barcelona.

Lionel Messi

“Kami (Liga Spanyol) beruntung bisa menikmatinya selama bertahun-tahun. Tapi, Messi harus memikirkan dengan sangat hati-hati tentang apa yang akan ia lakukan selanjutnya,” kata Tebas mengutip dari Daily Mail, Sabtu (24/10/2020).

“Jika Messi meninggalkan Barcelona, reputasi yang dimilikinya sekarang akan rusak. Benar Ia mendapat tawaran yang lebih baik secara finansial. Namun, Messi harus menjaga reputasi besar yang dimilikinya selama 20 tahun,” lanjut Tebas yang dikenal sebagai fans Real Madrid tersebut.

Saat ini Messi tercatat sebagai pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia. Messi menerima 47,424 juta pounds atau sekira Rp906 miliar per tahun. Namun, dengan pindah ke Man City, gaji yang diterima Messi hampir naik tiga kali lipat!

BACA JUGA: Tolak Pemotongan Gaji, Para Pemain Barcelona Keluarkan Surat Tentangan

Menurut laporan The Sun, Messi akan mendapatkan 124,6 juta pounds atau setara Rp2,38 triliun! Tawaran di atas bukan tak mungkin diterima Messi, terlebih pesepakbola 33 tahun ini sudah lelah berhadapan dengan pelatih Barcelona, Josep Maria Bartomeu.

Meski begitu, Tebas tidak takut jika Lionel Messi meninggalkan Liga Spanyol. Tebas mengambil contoh ketika sejumlah pemain top seperti Cristiano Ronaldo (Juventus) dan Neymar Jr (PSG) meninggalkan Liga Spanyol.

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo saat membela Madrid)

Dalam pandangan Tebas, Liga Spanyol tetap dibanjiri sponsor meski ditinggalkan nama-nama besar. Hal yang sama dinilai Tebas juga akan terjadi ketika Messi memutuskan meninggalkan Camp Nou.

“Itu (kepindahan Messi) takkan menjadi masalah. Cristiano Ronaldo pergi, Neymar pergi. Neymar pergi ke PSG dan saya tidak melihat Liga Prancis mencapai level tertinggi karena keberadaannya,” lanjut Tebas.

Menarik menanti kelanjutan masa depan Messi. Ayah tiga anak tersebut ini sudah memberi kode kepada sang rekan setim, Sergi Roberto, pada 2020-2021 merupakan musim terakhirnya membela Barcelona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini