nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fernandinho Jadi Solusi Guardiola Atasi Krisis Bek Tengah

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 13:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 19 261 2106792 fernandinho-jadi-solusi-guardiola-atasi-krisis-bek-tengah-5m6UFEwYM6.jpg Fernandinho (nomor 25) menjadi solusi Pep Guardiola atasi krisis bek tengah Man City (Foto: Reuters)

KHARKIV – Pemandangan menarik terlihat saat laga antara Shakhtar Donetsk menghadapi Manchester City di babak Grup C Liga Champions 2019-2020, Kamis 19 September 2019 dini hari WIB. Fernandinho yang biasa tampil sebagai gelandang, ditempatkan lebih mundur oleh pelatih Josep ‘Pep’ Guardiola.

Pemain asal Brasil itu sengaja diturunkan sebagai bek tengah, berduet dengan Nicolas Otamendi, pada laga yang berlangsung di Stadion Metalist, Kharkiv, Ukraina. Sebab, The Citizens sedang kekurangan stok bek tengah yang bugar setelah Aymeric Laporte dan John Stones cedera.

Nicolas Otamendi menjadi satu-satunya bek tengah murni yang bugar (Foto: UEFA)

Baca juga: Guardiola Puas Lihat Cara Man City Menang atas Shakhtar Donetsk

Pep Guardiola lantas memuji kepandaian Fernandinho untuk bermain sebagai bek tengah. Pemain lain mungkin bisa mengisi posisi bek tengah, tetapi tidak ada yang sebagus pemain berusia 34 tahun itu dalam menjalankan tugas.

“Kami tidak punya banyak pilihan. Menurut saya, dia satu-satunya yang tersisa. Pemain lain bisa bermain di posisi itu, tetapi Fernandinho pemain yang cerdas. Tentu saja dia punya segudang pengalaman dan kepribadian yang bagus serta berpengaruh di ruang ganti,” tutur Pep Guardiola, dinukil dari situs resmi UEFA, Kamis (19/9/2019).

Pep Guardiola menyaksikan anak asuhnya bertarung menghadapi Shakhtar Donetsk (Foto: Reuters)

Fernandinho sendiri tidak masalah jika harus diturunkan sebagai bek tengah. Sebab, dirinya sudah beberapa kali dilatih oleh Guardiola untuk bermain di posisi tersebut. Ia siap untuk berkorban bagi tim jika dibutuhkan tampil lebih ke belakang.

“Saya sudah sering berlatih di posisi ini sejak awal musim. Tentu saja, Pep lebih paham skuad dan ketika dia membutuhkan, semua pemain harus siap. Semoga saya bisa lebih baik sedikit demi sedikit dalam menjalani peran ini,” tukas Fernandinho.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini