Share

Ambil Contoh Peran Paolo Maldini di AC Milan, Juventus Disebut Butuhkan Sosok Alessandro Del Piero

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Jum'at 16 September 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 47 2668770 ambil-contoh-peran-paolo-maldini-di-ac-milan-juventus-disebut-butuhkan-sosok-alessandro-del-piero-CrJDfCwgBo.jpg Alessandro Del Piero dinilai mampu berperan di Juventus seperti halnya Paolo Maldini di AC Milan (Foto: Twitter/juventusfcen)

AMBIL contoh peran Paolo Maldini di AC Milan, Juventus disebut butuhkan sosok Alessandro Del Piero. Hal itu disampaikan oleh wartawan Sky Sport Italia, Fabio Caressa.

I Bianconeri –julukan Juventus– kembali mengalami musim yang sulit pada musim 2022-2023 ini. Sebelumnya, Juventus telah kehilangan taringnya dengan finis di peringkat keempat pada dua musim beruntun setelah mendominasi dengan meraih sembilan Scudetto beruntun pada tahun 2012 hingga 2020.

Massimiliano Allegri

Performa tim besutan Massimiliano Allegri itu jauh dari kata memuaskan pada musim ini. Mereka baru meraih dua kemenangan dari delapan pertandingan di semua kompetisi, dengan dua kekalahan didapat di Liga Champions 2022-2023, yang baru kali pertama terjadi sepanjang sejarah klub.

Rentetan hasil buruk tersebut jelas membuat Allegri berada dalam tekanan yang besar. Salah satu yang disinyalir menjadi masalah adalah kinerja dari manajemen klub yang dinilai kurang berkompeten.

Oleh karena itu, Ceressa, salah satu jurnalis populer di Italia, melihat sosok Del Piero sebagai salah satu solusi untuk masalah Juventus. Menurutnya, sosok legenda yang berseragam Bianconeri selama 19 tahun itu cocok untuk mengisi posisi di manajemen klub, seperti halnya Maldini yang sukses mengembalikan kejayaan Rossoneri –julukan Milan- setelah menjabat sebagai Direktur Teknik di klub lamanya itu.

"Juventus harus menggunakan solusi yang sama yang diterapkan Milan dengan Maldini. Milan mendapatkan kembali DNA mereka dengan Maldini dan Juve sangat membutuhkan Del Piero sekarang,” kata Caressa dilansir dari Football Italia, Kamis (15/9/2022).

“Juventus membutuhkan seseorang yang bisa membawa keseriusan, kepraktisan, ketenangan, rasa hormat dan pendidikan,” imbuhnya.

“Sekarang gaya bermain mereka buruk dan tidak membawa hasil. Allegri tidak bisa menyampaikan apa yang dia inginkan dan Leonardo Bonucci adalah satu-satunya veteran yang tersisa dan Juventus membutuhkan lebih banyak sosok berpengalaman di klub,” tuturnya.

Ya, Maldini kembali ke Milan pada 2018 lalu dan menjabat sebagai Direktur Teknik dengan dibantu Ricky Massara dan Geoffrey Moncada, yang mengisi kursi Kepala Pemandu Bakat Rossoneri. Sejak legenda Timnas Italia itu balik ke San Siro, tim besutan Stefano Pioli itu seperti bangkit dari kubur.

Maldini dinilai bisa membuat keputusan yang tepat ketika melakukan pembelian pemain dan mampu bekerjasama dengan baik bersama Pioli di ruang ganti. Hasilnya, Zlatan Ibrahimovic dan kolega berhasil menyabet Scudetto perdana mereka dalam 11 tahun terakhir pada musim 2021/2022 lalu.

Paolo Maldini

Akan tetapi, nampaknya Del Piero akan sulit untuk pulang ke Juventus. Pasalnya, sejak pergi pada 2012 lalu, hubungannya dengan Presiden Juventus, Andrea Agnelli, kurang baik karena sang presiden adalah sosok yang tak menawarinya perpanjangan kontrak dengan klub asal Turin itu.

Namun, pada April 2022 lalu, pria berusia 47 tahun itu muncul di Allianz Stadium untuk menonton pertandingan Bianconeri untuk kali pertama dalam 10 tahun terakhir. Alhasil, muncul spekulasi bahwa dia bakal balik ke Juventus.

Kendati demikian, Del Piero dan pihak Juventus dilaporkan tak membicarakan apapun soal reuni mereka. Sebab, juara dunia 2006 itu terus menetap di Los Angeles, Amerika Serikat, dan bekerja sebagai pundit untuk Sky Sport Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini