Belanda Gagal Menang atas Montenegro, Virgil van Dijk Sindir Memphis Depay

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Minggu 14 November 2021 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 14 51 2501475 belanda-gagal-menang-atas-montenegro-virgil-van-dijk-sindir-memphis-depay-DKZS1dqBLM.jpg Van Dijk bersama Depay dan Arnaut Danjuma di laga Montenegro vs Belanda. (Foto: Reuters)

PODGORICA - Tim Nasional (Timnas) Belanda harus rela menunda lolos ke Piala Dunia 2022 lantaran gagal menang atas Montenegro di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Minggu (14/11/2021) dini hari WIB. Laga yang berakhir 2-2 di Podgorica City Stadium itu pun sangat disesali sang kapten, Virgil van Dijk yang merasa para pemain depan Belanda bermain sangat egois.

Belanda unggul lebih dulu melalui dua gol Memphis, satu diantaranya melalui titik putih pada menit 25, satu lainnya melalui sontekan pada menit 54. Montenegro menggagalkan kemenangan anak asuh Louis Van Gaal hanya dalam waktu dua menit, yakni menit 82 melalui Ilija Vukotic dan menit 86 melalui Nikola Vujnovic.

Van Dijk yang menjadi kapten kesebelasan pada laga itu menyesalkan sikap rekan-rekannya yang terlalu berambisi mencatatkan capaian individu. Menurutnya, penggawa Tim Oranye bermain egois dan tidak bersikap kolektif.

Baca Juga: Belanda Gagal Menang atas Montenegro, Van Gaal Bingung

Virgil van Dijk bersama Mempis Depay saat membela Belanda

Meski tak mengungkapkan secara langsung, banyak yang menilai Van Dijk menyindir Memphis Depay. Sebab Depay pada laga itu berhasil melewati rekor Robin Van Persie dan Ruud Van Nistelrooy sebagai pencetak gol terbanyak Belanda pada ajang Kualifikasi Piala Dunia.

Namun, Depay tidak jadi tersenyum usai laga karena dua golnya ternyata tak bisa membantu Belanda menang. Van Dijk sendiri kesal dengan Depay dan pemain depan Belanda lainnya karena bermain terlalu egois, sehingga peluang Belanda lolos pun jadi hilang begitu saja.

“Pada titik tertentu, semua orang ingin menguasai bola dan mencetak gol, tetapi Anda harus bersikap bisnis, tetap mengontrol dan memainkannya. Saya kecewa, kami benar-benar harus memproses ini,” kata Van Dijk dilansir Ons Oranje, Minggu (14/11/2021).

Dengan hasil itu, Belanda tetap memuncaki klasemen sementara Grup G dengan perolehan 20 poin, hasil enam kemenangan, dua hasil imbang dan satu kekalahan. Kendati memimpin klasemen, nasib Belanda terancam lantaran hanya unggul dua poin dari Turki dan Norwegia yang menguntit di bawahnya.

Nasib Belanda berikutnya akan ditentukan pada laga kandang menjamu Norwegia pada Rabu 17 November 2021. Oleh sebab itu, Van Dijk mengingatkan rekan-rekannya untuk mengerahkan segalanya kala menjalani laga penutup Kualifikasi.

Virgil van Dijk

“Tetapi saya memastikan bahwa kami akan kembali hari Selasa (waktu setempat). Kami harus tetap percaya diri. Kami harus tetap percaya dan memberikan segalanya,” tambahnya.

Menarik tentunya melihat apakah Belanda sanggup atau tidak lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Satu hal yang pasti, Belanda hanya membutuhkan hasil seri dari Norwegia untuk bisa memastikan bermain di Qatar pada tahun depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini