Anggap Timnas Argentina Lakukan Pelanggaran Berat, Anak Presiden Brasil Minta Lionel Messi Dkk Dihukum

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 06 September 2021 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 51 2466954 anggap-timnas-argentina-lakukan-pelanggaran-berat-anak-presiden-brasil-minta-lionel-messi-dkk-dihukum-fu15BjDrIm.JPG Momen kericuhan terjadi saat laga Brasil vs Argentina. (Foto: Reuters)

SAO PAOLO – Pertandingan antara Tim Nasional (Timnas) Brasil vs Argentina terpaksa ditunda karena pihak otoritas kesehatan Brasil (ANVISA) menilai ada pelanggaran protokol yang terjadi pada laga tersebut. Pelanggaran disebut dilakukan oleh empat pemain Argentina dan hal itu benar-benar membuat geram ANVISA, bahkan anak Presiden Brasil, Flavio Bolsonaro ikut merasa kesal.

Seperti yang diketahui, laga Brasil vs Argentina yang berlangsung di Arena Corinthians pada Senin (6/9/2021) sejatinya berjalan mulus. Namun ketika laga baru berjalan enam menit, tiba-tiba saja orang-orang dari ANVISA serta kepolisian setempat masuk ke lapangan.

Sontak kericuhan pun terjadi di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika selatan tersebut. Banyak pihak yang tak terima dengan aksi ANVISA yang sudah menganggu jalannya pertandingan.

Baca Juga: Penyebab 4 Pemain Timnas Argentina Dijemput Polisi di Laga Kontra Brasil

Momen kericuhan di laga Brasil vs Argentina

Akan tetapi, nyatanya ANVISA tak bisa membiarkan adanya pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan empat pemain Timnas Argentina. Empat pemain tersebut adalah Emiliano Buendia (Aston Villa), Giovani Lo Celso (Tottenham Hotspur), Emiliano Martinez (Aston Villa), dan Cristian Romero (Tottenham Hotspur).

Diduga keempat pemain yang datang dari Inggris itu menyalahi aturan masa karantina. Brasil diketahui memasukkan Inggris sebagai daftar merah, sehingga siapa pun yang datang dari negara tersebut setidaknya harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Akan tetapi, nyatanya diketahui keempat nama di atas tak memenuhi persyaratan masa karantina. Malahan menurut pernaytaan ANVISA, keempat nama Timnas Argentina itu memberikan keterangan palsu saat tiba di Brasil.

Karena alasan itulah pada akhirnya ANVISA dan pihak kepolisian setempat berani menganggu jalannya pertandingan Brasil vs Argentina. Pihak pemerintah Brasil melalui anak sang presiden, yakni Bolsonaro pun sangat mendukung aksi ANVISA.

Menurut Bolsonaro, apa yang dilakukan Timnas Argentina telah melanggar hukum Brasil. Ia pun berharap pihak berwajib mencari siapa dalang di balik lolos keempat pemain Argentina yang berasal dari Inggris tersebut.

Tak lupa Bolsonaro juga agar Timnas Argentina dihukum atas kasus pelanggaran kesehatan itu. Bolsonari menilai apa yang dilakukan Timnas Argentina benar-benar meremehkan Brasil.

Momen kericuhan di laga Brasil vs Argentina

“Timnas Argentina memainkan trik. Mereka tahu mereka melanggar hukum Brasil, mereka mencegah Anvisa (Badan Pengawasan Kesehatan Nasional) memperhatikan mereka dan, dengan paksa, mereka membawa empat pemain dari Inggris,” ujar Bolsonaro yang dikutip dari Marca, Senin (6/9/2021).

“Polisi Federal harus menyelidiki siapa yang telah lali dalam mengambil tindakan sebelum pertandingan dimulai dan saya rasa Argentina harus dihukum berat,” imbuhnya.

Meskipun dianggap telah melakukan pelanggaran, Timnas Argentina melalui federasi sepakbola mereka, yakni AFA sudah membantah tuduhan tersebut. AFA menegaskan semua pemain mereka sudah mematuhi protokol sebelum memasuki wilayah Brasil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini