Inggris vs Kroasia di Piala Eropa 2020, Mourinho Sarankan 2 Bintang Man United Dicadangkan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 51 2424068 inggris-vs-kroasia-di-piala-eropa-2020-mourinho-sarankan-2-bintang-man-united-dicadangkan-QpMCl15RBh.jpg Marcus Rashford. (Foto/Reuters)

LONDON Tim Nasional (Timnas) Inggris akan melakoni laga perdana Grup D Piala Eropa 2020 dengan melawan Kroasia. Jose Mourinho menyarankan agar pelatih Gareth Southgate tidak memainkan dua bintang Manchester United, yakni Marcus Rasfhord dan Luke Shaw.

Laga Kroasia melawan Inggris menjadi ulangan semifinal Piala Dunia 2018 silam. Saat itu, Inggris kalah 2-1 dari Kroasia meski sempat unggul lebih dulu.

Foto/Reuters

Pada perhelatan Piala Erapa 2020, Inggris akan bertindak sebagai tuan rumah. Laga Inggris vs Kroasia akan berlangsung di Stadion Wembley pada Minggu, 13 Juni 2021 pukul 20.00 WIB.

Baca juga: 5 Pemain U-23 yang Diprediksi Bakal Bersinar di Piala Eropa 2020

Jose Mourinho menyebut dua mantan anak didinya Luke Shaw dan Marcus Rashford menjelang pertandingan. Eks pelatih Man United dan Chelsea itu lebih memilih bek kiri Ben Chilwell dan gelandang Aston Villa, Jack Grealish di tim Three Lions.

Baca Juga 5 Poin Penting Timnas Italia Hantam Turki di Laga Perdana Piala Eropa 2020

Mourinho menggunakan formasi 4-2-3-1. Namun, dia juga menyiapkan pemain dengan skema tiga bek.

“Saya akan menurunkan (Dean) Henderson sebagai penjaga gawang,” kata Mourinho mengutip TALKSport, Sabtu (12/6/2021).

“Di bek tengah, tanpa (Harry) Maguire (yang cedera), saya akan memilih (John) Stones dan (Tyrone) Mings. Saya pikir (Conor) Coady cocok untuk skema tiga bek.

“Pemain dari Brighton (Ben White), bagi saya, adalah pemain yang sangat bagus tetapi dia baru saja tiba sehingga tidak masuk akal untuk langsung turun.

“Saya pikir Mings memiliki kualitas kepemimpinan yang baik, dia pria yang agresif, kepribadian yang baik dan Stones sangat cepat menangani wilayahnya,” tambahnya.

Di posisi bek kanan, Mourinho yang pernah melatih Inter Milan lebih pemain Atletico Madrid, Kieran Trippier daripada bek kanan Chelsea, Reece James. Mou menjelaskan bahwa pengalaman Trippier lebih dibutuhkan timnas Inggris di pentas Piala Eropa 2020.

“Di bek kiri saya akan memilih (Ben) Chilwell. Saya tidak akan berpikir dua kali. Saya tahu bahwa dia bermain normal di Chelsea dengan lima bek, tetapi dia cerdas, menutupi ruang dan pergerakan diagonalnya di dalam kotak sangat baik, dia berbahaya dalam serangan, dia bagus di udara, dia bagus dalam bola mati, dia bisa bertahan dengan baik,” tuturnya.

Ditanya apakah dia akan mempertimbangkan Shaw, Mourinho dengan blak-blakan menjawab, “Tidak”.

“Saya pikir dia memiliki musim yang bagus, jelas sebuah evolusi dalam hal emosi, profesionalisme, jelas itu. Tapi saya pikir Chilwell memiliki sesuatu yang lebih, terutama dengan bola, cara berpikirnya, dan dia sangat tenang di bawah tekanan,” paparnya.

Foto/Reuters

Bergeser di area tengah, Mou menyukai Jude Bellingham. Namun, kurangnya pengalaman pemain Borussia Dortmund itu, membuat pelatih Portugal itu lebih memilih Declan Rice dan pemain Leeds United, Kalvin Phillips

Sedangkan sebagai penyerang tengah, nama Harry kane tak tergantikan bagi Mourinho. Hanya saja sebagai pendampingnya, Mou lebih mendangadalkan pemain Aston Villa, Jack Grealish dan pemain Man City, Phil Foden. Dia menyebut Rashford, namun baginya Grealish lebih dapat diandalkan.

“Cara Grealish mendapatkan bola, kepribadiannya, cara dia menyerang, mendapat pelanggaran, mendapat penalti, sangat kuat,” tuturnya.

“Saya sangat menyukainya jadi saya akan mengatakan Grealish di sebelah kiri. Saya akan memainkan (Phil) Foden di sebelah kanan. Saya akan memainkan Foden, Mount dan Grealish. Itulah mengapa saya mengatakan Kalvin Phillips dan Declan Rice,” pungkas Mourinho.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini