Kompetisi Tanpa Degradasi, Sebagian Besar Klub Liga 1 dan 2 Pencetusnya

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 09 Mei 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 09 49 2408006 kompetisi-tanpa-degradasi-sebagian-besar-klub-liga-1-dan-2-pencetusnya-7UYyMPxgly.jpg PSSI (Foto: Okezone)

KOMPETISI sepakbola Indonesia rencananya akan bergulir dalam waktu dekat. Liga 1 2021 akan dimulai pada 3 Juli mendatang, lalu Liga 2 2021 diselenggarakan dua minggu berselang.

Namun, muncul kabar yang menyebutkan kompetisi musim ini akan berlangsung tanpa degradasi. Hal itu pun dibenarkan oleh Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Logo PSSI

Yunus Nusi menyatakan, bahwa sebagian besar klub Liga 1 dan 2 mengusulkan untuk meniadakan degradasi pada musim ini. Meski begitu, juara dan sistem promosi akan tetap diberlakukan sebagaimana umumnya.

Usulan tentang kompetisi tanpa degradasi pun telah dibahas dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) yang berlangsung pada Senin 3 Mei 2021 silam. Exco PSSI pun memutuskan untuk membawa usulan tersebut ke Kongres PSSI 2021 yang berlangsung pada 29 Mei mendatang.

BACA JUGA: Dianggap Tak Layak Masuk Timnas Indonesia, Arthur Irawan: Saya Jadikan Motivasi

Keputusan akhir tentang usulan itu akan diambil pada Kongres PSSI 2021. Jika usulan itu diterima, jumlah peserta Liga 1 dan 2 pada musim berikutnya akan bertambah karena tidak ada klub yang turun kasta.

BACA JUGA: Beredar Isu Pemain Titipan di Timnas Indonesia, Ketum PSSI Angkat Bicara

Namun, usulan itu juga akan dikonsultasikan pada AFC dan FIFA. Sebab, PSSI ingin tahu apakah usulan itu jika diterapkan akan menyalahi aturan atau tidak.

“Bahwa, Exco PSSI mengakomodasi surat permohonan dari sebagian besar klub Liga 1 dan Liga 2 tentang permohonan kompetisi tanpa degradasi, tetapi tetap ada promosi, juara Liga 1 dan juara Liga 2 tetap ada,” kata Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI, Minggu (9/5/2021).

“Exco PSSI sebatas memutuskan dalam rapat Exco tanggal 3 Mei 2021 untuk memasukkan agenda ini ke dalam kongres. Nantinya, kongres sebagai pengambil keputusan tertinggi dalam organisasi, yang akan memutuskan terkait dengan jumlah peserta Liga 1 dan Liga 2 di tahun 2022 nanti,” tuturnya.

Yunus Nusi (Foto: PSSI)

Penyebab munculnya usulan kompetisi musim ini tanpa degradasi adalah pandemi Covid-19. Setiap elemen persepakbolaan Indonesia, mulai dari PSSI hingga klub, masih beradaptasi dengan situasi baru ini.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) berusaha merumuskan penyelengaraan kompetisi di tengah pandemi dengan mendengarkan aspirasi dari setiap klub. Sementara itu, klub pun berjuang untuk tetap hidup meski pemasukannya tidaklah sebesar dulu karena ketidakberadaan suporter di stadion dan sulitnya mendapatkan sponspor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini