5 Pemain yang Bangkrut Setelah Pensiun

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 23 November 2020 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 51 2314386 5-pemain-yang-bangkrut-setelah-pensiun-fXApikVxnW.jpg Ronaldinho. (Foto/Barcelona)

MENJADI pesepakbola bisa menghasilkan banyak uang. Rata-rata pemain sepakbolan bisa menghasilkan antara USD10.000 (sekira Rp141 juta) hingga USD80.000 (sekira Rp1,13 miliar) per bulan. Oleh karena itu banyak pemain dianggap sebagai orang kaya.

Hanya saja, karier pesepakbola terbilang singkat. Para pemain sepakbola hanya bermain mulai 10 hingga 15 tahun. Akibatnya banyak di antara mereka yang tidak bisa menabung atau berinvestasi. Akibatnya sejumlah pemain sepakbola bangkrut setelah pensiun.

Berikut lima pesepakbola yang mengalami bangkrut setelah pensiun menyadur Sportkeeda:

5. David James

Mantan pemain Tim Nasional (Timnas) Inggris, David James adalah salah satu penjaga gawang paling terkenal di negara asalnya selama masa jayanya. James pernah bermain untuk sejumlah klub Liga Inggris, seperti Portsmouth, Aston Villa, West Ham United, Liverpool dan Manchester City, sebelum menyelesaikan kariernya di Islandia.

Foto/Liverpool

Namun, terlepas dari semua kekayaan yang dimiliki James saat masa puncaknya, dia akhirnya bangkrut setelah pensiun. Hal itu bermula saat dia bercerai dengan istrinya pada 2005.

Baca juga: 5 Pesepakbola dengan Gaji Tertinggi pada 2020-2021

Pada Mei 2014, James secara resmi dinyatakan bangkrut. Bahkan dia harus melelang sejumlah propertinya. Dia kini menjadi komentator tetap di salah satu program televisi di Inggris.

4. Emmanuel Eboue

Emmanuel Eboue adalah pemain asal Pantai Gading yang memperkuat Arsenal dari 2004 hingga 2011. Dia kemudian bergabung dengan klub Turki, Galatasaray.

Foto/Arsenal

Eboue pensiun dua tahun lalu karena masalah kesehatannya. Ini terjadi setelah dia dilarang bermain sepakbola selama satu tahun karena tak bisa membayar mantan agennya. 

Tahun lalu, Eboue kehilangan semua harta miliknya setelah bercerai dengan mantan istrinya. Situasinya sangat buruk sehingga membuat bek kanan itu ingin bunuh diri.

3. John Arne Riise

Mantan bek kiri Liverpool, John Arne Riise juga pesepakbola lain yang berubah dari kaya menjadi bangkrut setelah dia pensiun. Riise sebenarnya adalah salah satu bek di Liga Inggris dan dipuja penggemar Liverpool.

Foto/Liverpool

Riise bermain di liga teratas selama lebih dari satu dekade di Inggris, Spanyol, dan di Italia. Dia juga merupakan anggota integral dari tim Liverpool yang memenangkan Liga Champions pada 2005.

Namun, seperti David James, masalah keuangan Riise dimulai ketika dia diseret ke pengadilan karena kegagalannya membayar hutang sebesar USD150.000 (sekira Rp2,1 miliar). Masalahnya semakin dalam setelah kesalahpahaman lain dengan agennya, Einar Baardsen.

Riise dituduh oleh agennya atas dugaan penipuan senilai USD5 juta (sekira Rp70 miliar) dan kasusnya tersebut berakhir di pengadilan.

2. Paul Gascoigne

Paul Gascoigne dianggap oleh publik Inggris banyak orang sebagai salah satu pemain terhebat. Dijuluki Gazza, keterampilan dan sentuhannya sangat beda di eranya.

Foto/Sportskeeda

Namun, mantan pemain Tottenham Hotspur itu adalah 'anak nakal' di luar lapangan. Dia sering menjadi berita karena kecanduan narkoba dan perjuangannya dengan alkoholisme. Akibatnya, Gascoigne harus keluar-masuk rehabilitasi, karena kesehatannya terus memburuk.

Lebih buruk lagi, Gazza mengalami hutang besar. Dia memiliki utang sebesar USD 400.000 (sekira Rp5,6 miliar) kepada petugas pajak.

Paul Gascoigne mengajukan bangkrut sebanyak dua kali. Pertama pada 2008 dan kemudian pada 2011.

1. Ronaldinho

Pemain asal Brasil ini adalah seorang penghibur di lapangan hijau. Kemampuannya mengolah bola dan kecepatannya, memanjakan setiap orang yang menyaksikannya.

Ronaldinho memenangkan penghargaan sebagai Pemain Terbaik FIFA sebanyak dua kali (pada 2004 dan 2005), dan juga merupakan meraih Piala Dunia dan Liga Champions bersama Brasil dan Barcelona.

Foto/Barcelona

Keberhasilan ini datang dengan banyak uang, tetapi laporan terbaru oleh The Sun mengungkapkan bahwa pemain Brasil itu bangkrut dan bahkan berhutang sebesar 1,75 juta paun (sekira Rp32 miliar).

Laporan juga menyebutkan bahwa Ronaldinho hanya memiliki saldo sebesar 5 paun (sekira Rp94 ribu) di rekening banknya.

Keuangan Ronaldinho menurun karena kesalahn investasi. Dia bersama, Roberto Assis didenda karena membangun perumahan secara ilegal di kawasan lindung di negara asalnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini