Rivaldo Salut Lionel Messi Mau Duduk di Bangku Cadangan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 21:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 46 2309300 rivaldo-salut-lionel-messi-mau-duduk-di-bangku-cadangan-WSrhQBmshx.JPG Lionel Messi duduk di bangku cadangan (Foto: Reuters/Albert Gea)

RECIFE – Ada hal positif yang terlihat dari laga Liga Spanyol 2020-2021 akhir pekan kemarin. Megabintang Barcelona, Lionel Messi, duduk di bangku cadangan alih-alih bermain sejak awal pada laga kontra Real Betis di Stadion Camp Nou. Kerelaan untuk berkorban itu dipuji oleh legenda klub, Rivaldo.

Sebagai kapten dan pemain kunci, haram hukumnya membangkucadangkan Lionel Messi. Akan tetapi, Pelatih Ronald Koeman berani memasang La Pulga di bangku cadangan. Ia baru masuk lapangan pada awal babak kedua untuk menggantikan Ansu Fati yang dihantam cedera.

Sekali pun hanya bermain 45 menit, Lionel Messi tetap bisa memberi perbedaan. Pesepakbola asal Argentina itu mampu mencetak dua gol, salah satunya dari titik putih. Barcelona pun dibawa menang telak 5-2 atas Real Betis.

Baca juga: Lionel Messi Sulit Dihentikan, Cristiano Ronaldo Bagaikan Mesin

Lionel Messi cetak gol ke gawang Real Betis (Foto: Reuters/Albert Gea)

Kerelaan untuk duduk di bangku cadangan itu menuai pujian dari Rivaldo. Ia juga tak lupa memuji keberanian Ronald Koeman. Sebab, tidak mudah meyakinkan seorang Lionel Messi untuk mau duduk di bangku cadangan.

“Tidak mudah untuk meyakinkan seseorang seperti Lionel Messi untuk duduk di bangku cadangan, bahwa itu adalah opsi yang bagus, karena Leo selalu ingin lebih,” terang Rivaldo, seperti dimuat Goal, Jumat (13/11/2020).

“Hasilnya sungguh sempurna. Messi bermain luar biasa dan yang lebih penting lagi, dirinya menyimpan tenaga untuk pertandingan-pertandingan di masa depan. Sungguh luar biasa melihat Messi tidak marah dan malah berjuang keras di babak kedua,” imbuh pria berkebangsaan Brasil tersebut.

Lebih lanjut, Rivaldo menilai sangat penting bagi seorang pelatih di klub sebesar Barcelona untuk menjaga pemainnya dengan baik serta punya komunikasi yang lancar. Ronald Koeman terbukti berhasil melakukannya hanya dalam waktu singkat.

Duduk di bangku cadangan memang cukup berguna untuk mengistirahatkan Lionel Messi. The Messiah sebelumnya selalu tampil 90 menit bersama Barcelona dan Tim Nasional (Timnas) Argentina. Sekali pun ingin terus bermain, ia mesti sadar usianya sudah menyentuh 33 tahun dan tubuhnya tidak lagi seperti di masa muda.

Tenaga yang lebih segar sebetulnya menguntungkan Timnas Argentina. La Albiceleste sangat membutuhkan keterampilan dan tenaga Lionel Messi dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan pada jeda internasional.

Lionel Messi sudah tampil 90 menit pada laga kontra Paraguay, Jumat (13/11/2020) pagi WIB. Sekali pun gagal memberikan kontribusi, masih ada laga berikutnya melawan Peru di Lima. Sang kapten diyakini mampu tampil apik lagi mengacak-acak pertahanan Peru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini