Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Liga Spanyol Takkan Rugi

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 46 2292196 lionel-messi-tinggalkan-barcelona-liga-spanyol-takkan-rugi-vBE0GUajoj.jpg Messi (tengah) hampir tinggalkan Barcelona pada musim panas 2020. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

MADRID – Presiden Liga Spanyol (LFP), Javier Tebas, tidak takut jika Lionel Messi meninggalkan Barcelona. Dalam pandangan pria yang diketahui sebagai fans Real Madrid itu, kepergian Lionel Messi takkan membuat Liga Spanyol rugi.

Terbukti ketika menjalin kerja sama dengan pemegang hak siar televisi, tidak ada perjanjian yang mengatalan mereka akan memutus kontrak jika La Pulga –julukan Messi– meninggalkan Barcelona.

Lionel Messi

“Messi akhirnya memilih bertahan. Tetapi, saya harus mengatakan bahwa kami telah menjual hak siar televisi di Liga Spanyol dalam empat tahun ke depan. Namun, tidak ada yang menelefon kami meminta untuk membatalkan perjanjian jika Messi pergi. Tidak ada,” kata Tebas mengutip dari Goal, Senin (12/10/2020).

Sekadar informasi, Messi ngotot ingin meninggalkan Barcelona pada bursa transfer musim panas 2020 secara gratis. Kubu Messi menilai, La Pulga bisa pindah secara gratis ketika kontraknya bersama Blaugrana –julukan Barcelona– tersisa satu musim lagi.

Namun, manajemen Barcelona tidak begitu saja melepas Messi. Ternyata, mereka memiliki pegangan untuk menahan Messi. Dalam klausul kontrak yang ditandatangani Messi pada November 2017, Messi diizinkan pergi dengan status bebas transfer, asalkan mengajukan surat pengunduran diri sebelulum 10 Juni 2020.

BACA JUGA: 5 Penyebab Lionel Messi Gabung Manchester City

Lepas tanggal 10 Juni 2020, klub peminat mesti menebus klausul lepas Messi yang berada di angka 700 juta euro atau sekira Rp12,2 triliun! Menjadi masalah karena Messi baru mengajukan surat pengunduran diri pada 26 Agustus 2020.

Berhubung tidak ada klub yang berani mengeluarkan uang 700 juta euro di tengah ketatnya aturan Financial Fair Play, Messi mesti bertahan di Barcelona. Kabarnya, Messi akan bertahan di Barcelona hingga kontraknya berakhir pada 30 Juni 2021.

Lionel Messi

Hal itu diungkapkan fullback kanan Barcelona, Sergi Roberto. Messi pernah berkata kepada Sergi Roberto bahwa 2020-2021 merupakan musim terakhir La Pulga berseragam Barcelona.

Sekarang, Messi tinggal menunjukkan, apakah kepergian dirinya akan menimbulkan dampak besar kepada Liga Spanyol? Bukan tak mungkin, kepergian Messi membuat pemegang hak siar mengajukan pembaruan kontrak.

Sekarang menarik menanti ke mana Messi akan berlabuh pada musim panas 2021. Saat ini, Manchester City jadi klub yang paling berpeluang mendapatkan jasa ayah tiga anak tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini