Dzeko Datang dan Dybala Pulih, Pirlo Masih Ngotot Mainkan 3-5-2 di Juventus?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 47 2279131 dzeko-datang-dan-dybala-pulih-pirlo-masih-ngotot-mainkan-3-5-2-di-juventus-RcelDU6X6Q.jpg Dybala dan Ronaldo saat bekerja sama di Juventus. (Foto: Twitter/@juventusfc)

TURIN – Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, menggunakan pola 3-5-2 saat timnya menang 5-0 atas Novara dalam laga uji coba yang dilangsungkan pada Minggu 13 September 2020 malam WIB. Dalam laga tersebut, Pirlo berani memainkan dua penyerang, meski tidak memiliki pemain bertipe penyerang murni.

Dalam pola tersebut, posisi penyerang ditempati Cristiano Ronaldo dan Dejan Kulusevski yang sejatinya berposisi sebagai winger, Hanya saja, duet Ronaldo dan Kulusevski takkan dibakukan pelatih Pirlo.

Cristiano Ronaldo

Sebab, dalam waktu dekat Juventus akan mendatangkan penyerang AS Roma, Edin Dzeko. Paling lambat, penyerang berpaspor Bosnia & Herzegovina itu akan tiba di Juventus pada akhir bulan ini.

Akankah Cristiano Ronaldo dan Dzeko akan berduet di lini depan Juventus dalam pola 3-5-2? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak.

Jika Pirlo ngotot menduetkan Cristiano Ronaldo dan Dzeko, pelatih 41 tahun itu mesti mengubah komposisi formasinya. Pirlo bisa mengubah pola 3-5-2 menjadi 3-4-1-2. Pola ini mengizinkan Pirlo untuk menampilkan playmaker andalan Juventus sedari 2015, Paulo Dybala.

BACA JUGA: Kantongi Lisensi UEFA Pro, Pirlo Nyaris Cetak Skor Sempurna

Andai Pirlo kekeuh memainkan 3-5-2, tenaga La Joya –julukan Dybala– takkan berjalan optimal. Karena itu, pola 3-4-1-2 bisa dipilih Pirlo demi memfasilitasi Dybala, Ronaldo dan Dzeko main bersamaan.

Namun, pola 3-4-1-2 bukan satu-satunya formasi yang mengizinkan Dybala, Ronaldo dan Dzeko main bersamaan. Pirlo bisa memainkan formasi lain, yakni 4-3-3.

Paulo Dybala

Dalam pola ini, Dybala bisa ditempatkan sebagai winger kanan. Kemudian, Cristiano Ronaldo akan beroperasi sebagai winger kiri.

Bagaimana dengan Dzeko? Pesepakbola 34 tahun itu akan beroperasi sebagai penyerang tengah. Karena itu, ada dua pola yang bisa dipilih Pirlo demi mengakomodasi permainan terbaik dari Dybala, Ronaldo dan Dzeko.

Akhir pekan nanti atau pada Senin 21 September 2020 dini hari WIB, Juventus akan melakoni laga perdana di Liga Italia 2020-2021. Di tanggal tersebut, Juventus akan menjamu Sampdoria di Stadion Allianz.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini