Kantongi Lisensi UEFA Pro, Pirlo Nyaris Cetak Skor Sempurna

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 00:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 47 2279021 kantongi-lisensi-uefa-pro-pirlo-nyaris-cetak-skor-sempurna-DbjcExcL3s.jpg Andrea Pirlo mengantongi lisensi UEFA Pro (Foto: Twitter/@Pirlo_official)

FIRENZE – Kabar baik untuk Manajemen Juventus. Pelatih pilihan mereka, Andrea Pirlo, berhasil mendapatkan lisensi UEFA Pro yang menjadi syarat untuk melatih kesebelasan di Serie A. Pria asal Italia itu bahkan mencetak skor yang nyaris sempurna pada ujian di Coverciano, Firenze, Senin 14 September 2020.

Sekadar informasi, Andrea Pirlo sebelum ini baru mengantongi lisensi kepelatihan UEFA A. Sertifikat tersebut hanya memperbolehkannya mengasuh klub-klub Serie C ke bawah. Karena itu, ia harus bekerja keras untuk mengambil lisensi UEFA Pro yang kebetulan kursusnya dipercepat.

Seharusnya, kursus untuk UEFA Pro baru digelar Federasi Sepakbola Italia (FIGC) pada Oktober 2020. Namun, kursus itu dipercepat menjadi pertengahan September. FIGC kemudian mengumumkan hasil ujian pada Rabu 16 September 2020 malam WIB.

Baca juga: Andrea Pirlo Terpilih sebagai Pelatih Terseksi di Italia

Andrea Pirlo memimpin Juventus dalam laga uji coba (Foto: Twitter/@Pirlo_official)

Dalam pengumuman itu, Andrea Pirlo diketahui mencetak 107 dari 110 angka. Ia menjadi peserta terbaik kedua di belakang mantan pelatih Genoa, Thiago Motta (108). Selain ujian, Pirlo juga harus menulis tesis sebagai syarat. Tesisnya itu membahas bagaimana perubahan peran pemain ketika pertandingan berlangsung.

“Analisis yang ditulis Pirlo pada tesisnya, menggunakan istilah yang ditulisnya sendiri, adalah adaptasi peran yang cair dalam konteks pertandingan,” ujar FIGC dalam pernyataan resminya, dikutip dari Goal, Kamis (17/9/2020).

“Dalam sepakbola modern, faktanya demikian, ‘Arti dari sebuah peran selalu berubah. Bukan lagi sebuah posisi tetap yang mengidentifikasi karakter pemain, tetapi fungsi yang berbeda. Karena itu, menjadi tugas seorang pemain yang tampil di lapangan, untuk mengidentifikasi dirinya sendiri,” lanjut pernyataan resmi itu.

Dengan lisensi UEFA Pro, Andrea Pirlo kini bisa mendampingi sekaligus memberikan arahan kepada anak asuhnya di pinggir lapangan. Andai masih memegang lisensi UEFA A, maka tugas tersebut harus diberikan kepada staf pelatihnya yang memegang lisensi Pro.

Seperti diketahui, Andrea Pirlo ditunjuk Manajemen Juventus sebagai pelatih untuk menggantikan Maurizio Sarri yang dipecat awal Agustus 2020. Pria berusia 41 tahun itu dikontrak selama dua tahun sebagai juru taktik Si Nyonya Tua.

Penunjukan tersebut terlihat mengejutkan. Sebab, Andrea Pirlo masih minim pengalaman dalam dunia kepelatihan. Ia bahkan baru saja diserahi tugas mengasuh Juventus U-23 pada akhir Juli 2020. Hanya dalam sepekan, Pirlo sudah diangkat menjadi pelatih tim utama.

Debut Andrea Pirlo sebagai pelatih Juventus akan dilakukan pada pekan pertama Liga Italia 2020-2021 kontra Sampdoria. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan akan menjamu Il Samp d Stadion Allianz, Turin, pada Senin 21 September 2020 dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini