Mohamed Salah Jejaki Pemain Islam Tersukses di Barcelona?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 51 2278236 mohamed-salah-jejaki-pemain-islam-tersukses-di-barcelona-dYma9sl1Lg.jpg Mohamed Salah mesin gol Liverpool. (Foto: @MoSalah)

BARCELONA – Mohamed Salah disebut-sebut akan melanjutkan karier bersama Barcelona pada bursa transfer musim panas 2020. Isu itu pertama kali dimunculkan agen ternama asal Belanda, Sjaak Swart.

Pria 82 tahun itu menyebut pelatih Barcelona, Ronald Koeman, tertarik memboyong Mohamed Salah. Di saat yang bersamaan, Mohamed Salah juga tertarik melanjutkan karier bersama Barcelona.

Mohamed Salah

Jika Mohamed Salah jadi gabung Barcelona, ia akan tercatat sebagai pemain kedelapan muslim yang membela Blaugrana –julukan Barcelona– di era milenium baru. Mohamed Salah akan mengikuti jejak Rustu Recber, Eric Abidal, Seydou Keita, Yaya Toure, Ibrahim Afellay, Ousmane Dembele dan Miralem Pjanic.

Dari sekian nama-nama di atas, pemain mana yang paling bersinar bersama Barcelona? Jabawannya adalah Eric Abidal. Abidal yang sempat menjabat sebagai direktur olahraga Barcelona, enam musim (2007-2013) membela Blaugrana.

Pria yang sempat mengalami masalah pada jantungnya itu, turun dalam 193 pertandingan di semua kompetisi bersama Barcelona. Berhubung fasih diperankan sebagai fullback kiri, Abidal juga pernah mencatatkan gol dan assist bersama Barcelona.

BACA JUGA: Dikasari Pemain Gimnastic, Messi: Berhenti Tendang Saya, Idiot!

Tercatat selama membela Barcelona, Abidal mengoleksi dua gol dan 10 assist. Karena itu, sanggupkah Mohamed Salah mengikuti jejak Abidal yang tercatat sebagai pemain muslim tersukses di Barcelona?

Dengan usia yang sudah mencapai 28 tahun, butuh usaha ekstra bagi Mohamed Salah untuk mengejar perolehan trofi Abidal bersama Barcelona. Jika dikontrak Barcelona selama lima tahun, Mohamed Salah setidaknya mesti memenangkan tiga trofi di setiap musimnya.

Mohamed Salah

Jika dikontrak lima tahun, itu berarti Mohamed Salah akan bertahan di Barcelona hingga usia 33 tahun. Mohamed Salah sanggup tampil kompetitif di usia yang sudah tak muda lagi?

Jawabannya tentu bisa. Sebab, Mohamed Salah dikenal sebagai pesepakbola yang disiplin dan sangat menjauhi yang namanya dunia malam. Efeknya pun positif, yang mana tenaga Mohamed Salah benar-benar terjaga saat ini.

Bukti kuatnya fisik Mohamed Salah terlihat ketika Liverpool menang 2-0 atas Manchester United di Liga Inggris 2019-2020. Saat itu di masa perpanjangan waktu, Mohamed Salah masih sanggup melakukan sprint untuk membobol gawang Manchester United kawalan David de Gea.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini