Tak Hanya Setien yang Paling Bertanggung Jawab atas Kekalahan Barcelona dari Bayern

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 15 Agustus 2020 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 15 261 2262642 tak-hanya-setien-yang-paling-bertanggung-jawab-atas-kekalahan-barcelona-dari-bayern-Pw5b7PvN3i.jpg Quique Setien (kiri) dan Eric Abidal (kanan). (Foto: Reuters)

LISBON – Kekalahan telak yang ditelan Barcelona atas Bayern Munich pada babak perempatfinal Liga Champions 2019-2020 membuat sejumlah pihak mendapat sorotan besar. Salah satunya adalah sang pelatih, Quique Setien.

Setien menjadi pihak yang paling disalahkan atas kekalahan Barcelona dari Bayern. Desakan untuk memecat Setien pun bermunculan usai Barcelona dibantai dengan skor 2-8 oleh Bayern di Stadion da Luz, pada Sabtu (5/8/2020) dini hari WIB.

Quique Setien

Sebab, hasil tersebut tak hanya menyingkirkan Barcelona dari Liga Champions, tetapi juga menjadi kekalahan terbesar yang pernah dialami Blaugrana –julukan Barcelona–sejak terakhir kali pada 1946. Pada tahun itu, Barcelona tepatnya menelan kekalahan 0-8 dari Sevilla di babak 16 besar Copa del Rey.

BACA JUGA: 4 Mantan Pemain Barcelona yang Bisa Jadi Suksesor Quique Setien

Tetapi, Setien nyatanya dianggap bukan sebagai satu-satunya pihak yang paling bertanggung jawab atas hasil minor tersebut. Ada satu pihak lagi yang juga dinilai bertanggung jawab atas tersingkirnya Barcelona dari Liga Champions 2019-2020.

Sebagaimana diwartakan Di Marzio, Sabtu (15/8/2020), ia adalah Direktur Olahraga Barcelona, Eric Abidal. Ia dinilai telah beberapa kali melakukan kesalahan dalam memutuskan soal transfer pemain.

Selama menjabat sebagai Direktur Olahraga Barcelona sejak 2018, Abidal telah memberi beberapa pemain dengan harga mahal, seperti Phillipe Coutinho hingga Antoine Griezmann. Tetapi, pemain-pemain tersebut gagal bersinar dan menunjukkan penampilan yang diharapkan.

Performa buruk Coutinho bahkan berujung pada peminjamannya ke Bayern Munich mulai awal musim 2019-2020. Peminjaman Coutinho ke Bayern pun ternyata berujung tragis untuk Barcelona.

Sebab, Coutinho turut memegang andil dalam kekalahan telak Barcelona dari Bayern di perempatfinal Liga Champions 2019-2020. Gelandang sal Brasil itu mencatatkan namanya untuk dua dari delapan gol Bayern ke gawang Barcelona.

Eric Abdidal

Buntut dari kesalahan tersebut, karier Abidal di Barcelona sendiri dinilai terancam. Terlebih, setelah Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengeluarkan pernyataan yang memastikan siap melakukan perubahan di klub tersebut.

Dalam perubahan yang diutarakan Bartomeu, tak hanya nama Setien yang dinilai akan terseret, tetapi juga Abidal. Meski siap melakukan perubahan, pihak Barcelona belum mengumumkan resmi keputusan apa saja yang akan diambil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini