Share

Siapa Sosok Keluarga Glazer yang Putuskan Menjual Klub Manchester United?

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Kamis 24 November 2022 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 45 2714224 siapa-sosok-keluarga-glazer-yang-putuskan-menjual-klub-manchester-united-e91F48Yq0a.jpg Siapa sosok keluarga Glazer yang putuskan menjual klub Manchester United. (Foto: Reuters)

SIAPA sosok keluarga Glazer yang putuskan menjual klub Manchester United? Sebab, nama keluarga Glazer turut jadi sorotan usai sederet kabar mengejutkan datang dari Manchester United.

Kabar kejutan pertama yang diumumkan Man United adalah keluarnya Cristiano Ronaldo. Ronaldo resmi menjadi pemain tak bertuan usai kontraknya diputus oleh Man United, buntut wawancara kontroversial bersama jurnalis Inggris, Piers Morgan.

Keluarga Glazer

Kemudian, kabar mengejutkan lainnya datang. Keluarga Glazer pada akhirnya memutuskan menjual Setan Merah setelah memilikinya selama 17 tahun.

BACA JUGA: 5 Pemain Calon Pengganti Cristiano Ronaldo di Manchester United, Nomor 1 Kesukaan Erik Ten Hag

Perihal kabar tersebut, sosok keluarga Glazer pun menjadi perbincangan hangat. Lantas, siapa sosok keluarga Glaer yang putuskan menjual klub Manchester United?

Siapa Sosok Keluarga Glazer yang Putuskan Menjual Klub Manchester United?

Keluarga Glazer merupakan salah satu keluarga yang masuk jajaran keluarga terkaya di dunia, menurut Forbes pada 2015. Pasalnya, keluarga yang berbasis di Florida, Amerika Serikat, ini pada 2015, mengantongi harta sebanyak USD4,7 miliar atau sekira Rp73,8 triliun.

Nilai kekayaan yang fantastis itu diperoleh keluarga Glazer dari berbagai macam bisnis dan aset. Mulai dari real estate, jam tangan, saham, stasiun televisi, bank, dan lain-lain.

BACA JUGA: David Beckham Berniat Beli Manchester United dari Keluarga Glazer

Tak hanya itu, keluarga ini juga berhasil membangun real estate komersil dengan menggaet Fisrt Allied Corporation untuk membangun pusat perbelanjaan premium di AS dengan luas 6,7 juta kaki.

Kekayaan yang dimiliki oleh keluarga Glazer diperoleh secara turun-temurun dari pendahulunya. Diketahui, Malcolm Glazer menuruni bisnis sang ayah yang kini telah tiada. Pundi-pundi kekayaannya pun semakin membengkak saat bisnis tersebut didukung oleh anak-anaknya.

Namun, nama keluarga Glazer lebih tersohor saat mereka terjun ke bisnis di dunia olahraga. Sebelumnya, Malcom Glazer telah membeli Tampa Bay Buccaneers pada 1995 dengan nilai USD192 juta atau setara dengan USD1,3 miliar pada saat ini.

Lalu, pada 2005, keluarga Glazer semakin melebarkan sayap dengan membeli Setan Merah dengan harga USD1,4 miliar atau senilai Rp21,98 triliun dengan kurs saat ini. Sebenarnya, sejauh ini keluarga Glazer pernah menjual saham Man United beberapa kali. Seperti pada 2012, keluarga Glazer menjual 10% saham Man United.

Pada 2014, Malcom Glazer meninggal dunia di usia 85 tahun. Dia membagikan saham Man United secara rata kepada anak-anaknya. Joel dan Arvam sebenarnya telah memegang tanggung jawab klub sejak 2006 saat Malcom menderita stroke.

Manchester United

Sayangnya, Setan Merah di bawah kendali keluarga Glazer justru mengalami lonjakan hutang di tengah naiknya popularitas. Kondisi inilah yang kerap membuat penggemar melayangkan protes keras. Bahkan, hutang Man United mencapai Rp9,3 triliun.

Hal ini diperkuat oleh ungkapan Cristiano Ronaldo yang mengatakan bahwa keluarga Glazer tidak memperdulikan prestasi. Mereka dinilai lebih peduli pada keuntungan pribadi secara finansial.

Kabarnya, saat ini keluarga Glazer menjual Setan Merah dengan nilai tawar GPB 5 miliar atau kurang lebih Rp94,4 triliun.

Demikian jawaban dari pertanyaan siapa sosok keluarga Glazer yang putuskan menjual klub Manchester United.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini