Share

4 Pemain Timnas Indonesia yang Diam-Diam Berstatus Haji, Nomor 2 Legenda Persija Jakarta

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 17 April 2022 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 17 49 2580254 4-pemain-timnas-indonesia-yang-diam-diam-berstatus-haji-nomor-2-legenda-persija-jakarta-heke1CnxjW.jpg Berikut 4 pemain Timnas Indonesia yang diam-diam berstatus haji. (Foto: KORAN SINDO)

SEBANYAK 4 pemain Timnas Indonesia yang diam-diam berstatus haji ini mungkin belum diketahui banyak orang. Ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima dan menjadi penyempurna agama.

Tak heran jika banyak umat muslim yang bercita-cita dapat menjalankan ibadah haji. Berkaitan dengan hal ini, ternyata ada beberapa pesepak bola Indonesia yang diam-diam sudah pernah pergi ke tanah suci dan otomatis menyandang status Haji.

Hal ini tentu menjadi sebuah bukti bahwa tidak semua pesepak bola hidup dalam lingkaran hidup mewah dan foya-foya. Dalam artikel ini, akan dibahas siapa-siapa saja pemain berlabel Timnas Indonesia, atau pemain yang pernah membela skuad Garuda sudah berstatus haji.

Berikut 4 pemain Timnas Indonesia yang Diam-Diam berstatus Haji:

4. Ahmad Bustomi

Ahmad Bustomi

Mantan pemain Timnas Indonesia, Ahmad Bustomi, pernah mengantarkan skuad Garuda ke partai puncak Piala AFF 2010. Rekan Firman Utina ini ternyata tidak hanya jago dalam mengolah bola, namun juga dikenal sebagai pribadi yang alim.

Ahmad Bustomi diketahui telah melaksanakan ibadah haji pada 2015. Tak hanya itu, ternyata eks pemain Arema ini merupakan lulusan dari pondok pesantren.

3. Supardi Natsir

Supardi Nasir

Eks pemain Persib Bandung yang satu ini ternyata telah melaksanakan ibadah Haji. Ia pergi haji pada 2017 lalu.

Untuk menjalankan ibadah ini, Supardi Nasir harus meninggalkan Persib Bandung kurang lebih 1,5 bulan dan otomatis absen di beberapa pertandingan. Terkait kiprahnya bersama Timnas Indonesia, ia mencatatkan 21 penampilan dalam kurun 2007-2014.

2. Ismed Sofyan

Ismed Sofyan

Legenda dan penggawa Persija Jakarta, Ismed Sofyan, ternyata juga sudah menyandang status Haji. Tak heran jika ia sering dipanggil ‘Bang Haji’ oleh rekan-rekannya.

Ismed Sofyan menunaikan ibadah haji pada 2011, saat ia masih menjadi fullback kanan andalan Persija Jakarta. Bersama Timnas Indonesia, Ismed Sofyan mencatatkan 54 caps selama 10 tahun (2000-2010) berseragam skuad Garuda.

1. Muhammad Ridwan

Muhammad Ridwan

Muhammad Ridwan yang merupakan salah salah satu mantan pemain Persib Bandung juga telah menyelesaikan ibadah haji pada 2014. Kala itu, Muhammad Ridwan pergi haji bersama rombongan jamaah haji kloter 17 embarkasi Solo.

Pria yang kini menjabat sebagai pelatih tim muda ini pernah membela sejumlah klub top Tanah Air seperti PSIS Semarang, Sriwijaya FC dan Persib Bandung. Bahkan bersama Sriwijaya dan Persib Bandung, Muhammad Ridwan merebut trofi Liga Indonesia.

Bersama Timnas Indonesia,  Muhammad Ridwan mengoleksi lima gol dari 41 pertandingan yang terbentang dari 2006-2014. Ia merupakan fullback atau winger andalan Timnas Indonesia di Piala Asia 2007 dan Piala AFF 2010.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini