Cita-Cita Aji Santoso untuk Persebaya Surabaya di 2024: 100 Persen Pemain Produk Internal

Tino Satrio, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 49 2522261 cita-cita-aji-santoso-untuk-persebaya-surabaya-di-2024-100-persen-pemain-produk-internal-GTp95vJYAR.jpg Rizky Ridho penggawa pemain Persebaya Surabaya yang dipanggil ke Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (Foto/Persebaya Surabaya)

SURABAYA - Aji Santoso memiliki cita-cita untuk tim yang sedang dilatihnya saat ini, Persebaya Surabaya. Dia ingin skuad Bajul Ijo diperkuat mayoritas pemain binaan klub sendiri.

Mengorbitkan pemain-pemain muda asli didikan kompetisi internal Persebaya akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri baginya. Dia berhadap targetnya bisa terwujud pada 2024 mendatang.

Foto/Persebaya Surabaya

Untuk mencapai targetnya itu, pembinaan di usia muda harus berjalan dan terstruktur dengan baik. Hal tersebut juga bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi manajemen Persebaya lantaran tak harus membeli pemain dengan harga mahal.

Baca juga: Kenal Lebih Dekat dengan Rizky Ridho, Penggawa Persebaya Surabaya yang Bersinar Bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Contoh saja sepakbola maju di Eropa sana. Banyak klub papan atas yang memiliki akademi hebat seperti Ajax Amsterdam, Barcelona, Chelsea, dan masih banyak lagi. Mereka sering menciptakan pemain bintang dari akademi sendiri.

Baca juga: Pelatih Persib Bandung Kesal Pemainnya Mau Direbut dengan Cara yang Tak Etis

"Memang keinginan saya nanti paling lambat di tahun 2024. Kalau bisa bahkan mayoritas 100 persen pemain produk internal tetapi itu bukan berarti pelatihnya," kata Aji dilansir dari laman resmi Liga 1, Jumat (24/12/2021).

"Saya hanya ingin betapa indahnya dan betapa luar biasanya seumpama ada kompetisi profesional yang pemain-pemain lokalnya itu dari daerah sendiri, Surabaya pada khususnya. Tapi pada umumnya Jawa Timur," sambungnya.

Jika rencananya berjalan dengan baik, Bajul Ijo tak lagi ketergantungan dengan performa pemain asing. Mereka hanya membutuhkan sejumlah pilar asing yang berkualitas agar kekuatan tim lebih mendobrak.

"Itu akan bagus tinggal mencari pemain asing berkualitas," ucapnya.

Foto/Persebaya Surabaya

Pada musim ini saja, Persebaya sudah mengorbitkan sejumlah potensi muda yang sukses menjadi andalan tim. Mereka adalah Rizky Ridho, Koko Ari Araya, Akbar Firmansyah, Marselino Ferdinan, dan penjaga gawang muda, Andhika Ramadani.

Menariknya lagi, rencananya itu didukung penuh melalui visi misi Persebaya. Sehingga, rencana itu akan tetap berjalan meski dirinya tak lagi menjabat sebagai pelatih kepala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini