Share

5 Fakta Lionel Messi Raih Trofi Ballon dOr 2021, Nomor 1 Jauhi Cristiano Ronaldo

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 51 2509488 5-fakta-lionel-messi-raih-trofi-ballon-dor-2021-nomor-1-jauhi-cristiano-ronaldo-7fxPHNKcvY.jpg Lionel Messi raih trofi Ballon dOr 2021. (Foto: Twitter/francefootball)

BALLON dOr 2021 akhirnya jatuh ke tangan Lionel Messi. Total pemaing yang saat ini membela Paris Saint-Germain (PSG) itu sudah mengoleksi tujuh trofi pemain terbaik dunia versi France Football tersebut.

Messi pun menjadi pesepakbola pertama yang bisa mengumpulkan tujuh trofi Ballon dOr. Beberapa fakta menarik lainnya pun menghiasi keberhasilan Messi dalam menyabet gelar individu tersebut. Lantas apa saja?

Berikut 5 Fakta Lionel Messi Raih Trofi Ballon dOr 2021:

5. Trofi Ballon dOr Ketujuh

Fakta menarik Lionel Messi

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, penghargaan yang baru diterimanya pada Selasa (30/11/2021) dini hari WIB menjadi trofi Ballon dOr ketujuh yang dimiliki Messi. La Pulga pertama kali meraih trofi tersebut pada 2009 dengan mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Xavi Hernandez.

Lalu tiga musim selanjutnya, yakni 2010, 2011, hingga 2012 Messi kembali berjaya di penghargaan individu paling prestisius tersebut. Sempat absen dua tahun, Messi kembali menyabet Ballon dOr 2015.

Kemudian Messi kembali absen selama tiga tahun sebelum akhirnya memenangkan Ballon dOr 2019. Terbaru alias trofi ketujuhnya diraih di 2021 ini dengan mengalahkan Robert Lewandowski (Bayern Munich/Polandia) dan Jorginho (Chelsea/Italia).

4. Gelar Pertama di Luar Barcelona

Lionel Messi raih Ballon dOr 2021

Semenjak bergabung dengan akademi Barcelona, Messi selalu mengabdi selama 21 tahun di klub tersebut. Berbagai gelar juara mampu ia raih, termasuk enam trofi Ballon dOr.

Kali ini trofi Ballon dOr yang diraih Messi pun terasa berbeda karena ia meraihnya saat sudah tak lagi di Barcelona. Messi mendapatkan Ballon dOr 2021 dengan status sebagai pemain Paris Saint-Germain (PSG).

3. Juara Copa America Bantu Messi Jadi yang Terbaik

Lionel Messi bantu Timnas Argentinaa juara Copa America 2021

Alasan terbesar Messi layak meraih trofi Ballon dOr 2021 karena keberhasilannya mengantarkan Tim Nasional (Timnas) Argentina menjuarai Copa America 2021. Pasalnya terakhir kali Argentina menjuarai Copa America adalah pada edisi 1993.

Messi pun berperan penting dalam keberhasilan Argentina memenangkan Copa America 2021. Terbukti Messi keluar sebagai top skor, pencetak assist terbanyak, dan pemain terbaik di kompetisi tersebut. Menjuarai Copa America 2021 benar-benar membuat peluang Messi meraih Ballon dOr semakin besar.

2. Pemain Kedua PSG yang Menangkan Ballon dOr

George Weah

Sebelum Messi, PSG sudah pernah memiliki pesepakbola yang merasakan gelar Ballon dOr, pemain itu adalah George Weah. Sejatinya Weah mengangkat trofi Ballon dOr 1995 ketika sudah berseragam AC Milan.

Weah pindah dari PSG ke Milan pada Juli 1995. Namun, ia berhasil meraih gelar pemain terbaik dunia tersebut karena penampilan apiknya selama membela PSG di musim sebelum bergabung Milan.

1. Tinggalkan Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo bersama lima trofi Ballon dOr miliknya

Messi saat ini sudah mengoleksi tujuh trofi Ballon dOr dan menjadi pesepakbola satu-satunya yang bisa mencapai torehan tersebut. Pesaing terberatnya, yakni Cristiano Ronaldo tercatat justru baru merasakan lima gelar Ballon dOr.

Dengan meraih Ballon dOr 2021 maka Messi semakin menjauhi Ronaldo dan membuktikan bahwa La Pulga jauh lebih baik ketimbang pemain asal Portugal tersebut. Jika melihat umur kedua pemain itu, rasa-rasanya agak sulit melihat Ronaldo bakal bisa mengejar jumlah trofi Ballon dOr Messi.

Terlebih Ronaldo memang sudah sangat lama tidak menjuarai Ballon dOr lagi. Terakhir kali CR7 memenangkan trofi pemain terbaik dunia itu ketika edisi 2017 atau empat tahun yang lalu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini