Ralf Rangnick Latih Man United, Jurgen Klopp: Bukan Kabar Baik bagi Tim Lain

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Sabtu 27 November 2021 06:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 45 2508166 ralf-rangnick-latih-man-united-jurgen-klopp-bukan-kabar-baik-bagi-tim-lain-x73CvwkDov.jpg Ralf Rangnick akan menjadi pelatih sementara Manchester United. (Foto/Reuters)

LIVERPOOL - Ralf Rangnick dikabarkan segera menjadi pelatih sementara Manchester United untuk sisa musim ini. Menyikapi rumor tersebut, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menyebut bahwa kedatangan juru taktik asal Jerman itu tidak baik bagim tim lain di Liga Inggris.

Rangnick dikabarkan sudah mencapai kata sepakat dengan Man United untuk menjadi pelatih selanjutnya. Mantan pelatih Schalke itu kabarnya akan disodori kontrak berdurasi enam bulan.

Foto/Reuters

Setelah kontrak enam bulannya berakhir, Rangnick tidak akan begitu saja meninggalkan Man United. Pria berjuluk The Professor itu akan tetap bekerja di Man United sebagai konsultan sepakbola selama dua tahun.

Baca juga: Belum Resmi Latih Man United, Ralf Rangnick Justru Buka Luka Lama Kekalahan 0-5 dari Liverpool

Itu artinya, Rangnick pada musim depan akan menjadi dewan penasihat Direktur Olahraga, John Murtough, Direktur Teknik, Darren Fletcher dan pelatih permanen selanjutnya. Kabarnya, Rangnick akan banyak terlibat dalam menentukan siapa yang akan menjadi pelatih permanen Man United musim depan.

Baca juga: Selangkah Lagi Tangani Manchester United, Ralf Rangnick Diyakini Mampu Bangkitkan Setan Merah yang Tertidur

Klopp pun kemudian membenarkan bahwa dirinya mengidolakan Rangnick sejak lama. Pelatih berusia 54 tahun itu mengagumi seniornya yang pernah menyulap RB Leipzig dan Schalke dari yang semula tim yang tidak diperhitungkan, menjadi cukup disegani di Jerman, bahkan Eropa.

"Sayangnya seorang pelatih bagus akan datang ke Inggris, ke Manchester United! Dia (Rangnick) adalah pelatih yang sangat berpengalaman, membangun dua klub entah dari mana," kata Klopp mengutip akun Twitter, pakar transfer pesepakbola, Fabrizio Romano, Sabtu (27/11/2021).

Lebih lanjut, Klopp menyebut bahwa kedatangan Rangnick ke Man United akan menjadi kabar buruk bagi klub-klub Liga Inggris lain. Klopp yakin bahwa Rangnick dapat memperbaiki tim berjuluk Setan Merah dalam waktu singkat.

"Man United akan terorganisir di lapangan. Itu jelas bukan kabar baik bagi tim lain," lanjut dia.

Foto/Reuters

Sebagai informasi, Klopp dan Rangnick sudah cukup lama saling mengenal. Mereka berdua pernah adu taktik ketika keduanya masih menangani klub Liga Jerman.

Klopp yang kala itu masih mengasuh Borussia Dortmund pernah digilas oleh Hoffenheim asuhan Rangnick pada tahun 2008. Klopp kala itu mengakui keunggulan Rangnick dengan skor 1-4.

Sejak saat itu, Klopp 'mencuri' ilmu sepakbola Rangnick. Usai laga, Klopp berkata bahwa permainan sepakbola Rangnick membuat dirinya berdecak kagum.

"Tim Hoffenheim saya bermain melawan Jurgen Borussia Dortmund pada tahun 2008. Kami mengalahkan mereka 4-1 dan Jurgen mengatakan seminggu kemudian, bahwa gaya kami persis seperti jenis sepak bola yang dia ingin mainkan dengan Dortmund," kenang Rangnick dilansir Coaches Voice, Sabtu (27/11/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini