Hasil Bhayangkara FC vs Borneo FC di Pekan Kesembilan Liga 1 2021-2022: Pesut Etam Kena Comeback The Guardian

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 49 2492738 hasil-bhayangkara-fc-vs-borneo-fc-di-pekan-kesembilan-liga-1-2021-2022-pesut-etam-kena-comeback-the-guardian-Q8SVcdmrGR.jpg Laga Bhayangkara FC vs Borneo FC di Liga 1 2021-2022. (Foto: Twitter/@liga1match)

MAGELANG – Laga Bhayangkara FC vs Borneo FC di pekan kesembilan Liga 1 2021-2022 telah rampung digelar. Hasilnya, The Guardian -julukan Bhayangkara FC- menang 2-1 berkat comeback ciamik yang mereka lakukan.

Bermain di Stadion Moch Soebroto, Rabu (27/10/2021) sore WIB, Pesut Etam -julukan Borneo FC- sebenarnya unggul lebih dahulu berkat gol Wawan Febrianto pada menit 14. Namun, Bhayangkara membalikkan kedudukan melalui tandukkan Arhur Bonai pada menit 51 dan aksi ciamik Ezechiel Ndouasel pada menit 57.

BACA JUGA: Persebaya Surabaya Bungkam Persija Jakarta, Ini Kunci Kemenangan Bajul Ijo

BACA JUGA: Persija Jakarta Takluk dari Persebaya Surabaya, Angelo Alessio: Macan Kemayoran Layak Kalah

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pola penyerangan Bhayangkara kurang efektif, crossing yang dilakukan sejumlah pemain beberapa kali dipotong. Namun, babak pertama berjalan seru karena kedua pemain bermain terbuka. Alhasil, jual beli serangan terjadi.

Pada menit 10, Borneo bermain efektif, namun penyelesaian akhir kurang baik. Salah satunya didapat lewat tendangan Hendro Siswanto. Namun, bola melayang padahal ditembak dari jarak dekat.

Dua menit berselang, peluang berbahaya pertama datang dari tendangan keras jauh Ezechiel Ndouasel. Namun, bola masih membentur tiang.

Pada menit 14, Wawan Febrianto memecah kebuntuan. Umpan Masabessy disambut Wawan Febrianto dengan tandukan keras. Awan Setho tak berdaya, 1-0 untuk tim berjuluk Pesut Etam.

Peluang berbahaya terjadi beberapa menit kemudian. Paulo Sitanggang mengirim umpan ke Fransisco Torres, namun sontekan Torres masih bisa diselamatkan Awan Setho.

Bhayangkara bukan tanpa perlawanan, tendangan bebas Anderson Salles di-save Gianluca. Pada menit 22, giliran sundulan Ezechiel yang menyambut tendangan pojok juga gagal bersarang ke gawang lawan.

Menit 30 ke atas, jalannya laga berubah, Borneo tampil dominan, sementara Bhayangkara dikurung. Namun, Borneo buntu. Borneo merespons dengan gempuran bertubi-tubi, namun tendangan Sitanggang melayang tipis dari gawang Awan Setho.

Menjelang berakhirnya paruh pertama, Bhayangkara kembali keluar menyerang. Mereka mendapat kesempatan dari situasi bola mati. Namun, sepakan Anderson Salles belum temui sasaran. Skor 1-0 untuk keunggulan Borneo pun bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Babak kedua sempat cukup lama ditunda karena air hujan menggenangi lapangan. Petugas lapangan berusaha keras menyingkirkan air agar laga kembali dilanjutkan.

Laga pun dimulai, Pelatih Paul Munster bergerak cepat dengan memasukkan Arthur Bonai dan menarik keluar Wahyu Subo Seto. Tim berjuluk The Guardians itu pun bermain lebih agresif.

Pergantian pemain pun tak sia-sia, berawal dari situasi set piece, Ruben Sanadi mengirimkan umpan ciamik yang diselesaikan dengan mulus melalui sundulan Artur Bonai pada menit 51. Kedudukan pun imbang 1-1.

Bhayangkara tampaknya sangat ngotot untuk meraih tiga poin. Enam menit berselang, aksi individu Ezechiel Ndouasel sukses mempermalukan penjaga gawang Ezechiel, papan skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Bhayangkara.

Bhayangkara nyaris mencetak gol tambahan, pada menit 61, Andik Vermansah yang baru masuk menggantikan Adam Alis melepaskan chip yang tidak bisa dihalau Gianluca. Namun sayang, Javlon Gusevnov yang berada tak jauh dari mulut gawang dengan sigap menyapu bola.

Borneo bereaksi dengan menarik keluar Paulo Sitanggang dan memasukkan Boaz Solossa. Andalkan umpan pendek, dominasi permainan jatuh ke tangan Borneo, namun Borneo masih sulit alirkan bola ke lini depan.

Akan tetapi, sekalinya menyerang, Bhayangkara langsung membahayakan. Untungnya, sundulan Ezechiel pada menit 70 masih bisa diamankan Gianluca.

Adu taktik kedua pelatih terus terjadi. Pada menit 76, Borneo tidak tinggal diam dengan mengganti Wahyudi Hamisi dengan Sultan Samma, dan benar saja, Sultan bahayakan gawang Bhayangkara dengan mengangkat bola pada menit 77, namun masih melebar.

Dengan hasil ini, Bhayangkara memimpin klasemen sementara dengan perolehan 22 poin dari sembilan laga, hasil dari tujuh kali menang, sekali imbang dan sekali kalah. Sementara itu, Borneo terperosok posisi 13 dengan koleksi 10 poin, hasil dari dua kali menang, empat kali imbang dan tiga kali kalah.

Berikut Susunan Pemain Bhayangkara FC vs Borneo FC:

Bhayangkara XI (4-3-3): Awan Setho, Putu Gede, Anderson Selles, Indra Kahfi, Ruben Sanadi, Wahyu Subo, Hargianto, Lee Yu Jin, Dendi, Ezechirl Ndouasel, Adam Alis

Pelatih: Paul Munster

Borneo XI (4-3-3): Gianluca Pandeynuwu, Rifad Marassabessy, Wildansyah, Javlon Gusevnov, Leo Guntara, Wahyudi Hamisi, Paulo Sitanggang, Henro Siswanto, Terrens Puhiri, Fransisco Torres, Wawan Febrianto

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini