5 Pemain yang Tak Seharusnya Dijual Chelsea, Nomor 1 Musuh Antonio Conte

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 45 2485291 5-pemain-yang-tak-seharusnya-dijual-chelsea-nomor-1-musuh-antonio-conte-Fs7HUlG9Ms.jpg Kevin De Bruyne dan Mohamed Salah. (Foto: Reuters)

CHELSEA selalu sukses mendatangkan pemain-pemain bintang untuk memperdalam skuadnya. Pada bursa transfer musim panas 2021, mereka bahkan merekrut kembali Romelu Lukaku yang tengah menorehkan kesuksesan besar di Inter Milan.

Meski begitu, pihak manajemen Chelsea ternyata tak melulu selalu tepat dalam mengambil keputusan soal pemain. Beberapa nama pemain hebat justru dijual oleh mereka kala bursa transfer dibuka.

BACA JUGA: Takkan Ikut Buru Erling Haaland, Chelsea Sudah Puas Punya Romelu Lukaku

Hal ini pun tak jarang mengundang reaksi besar dari fans yang menyayangkannya. Siapa saja pemain yang masuk kategori ini? Sebagaimana dikutip dari Sportskeeda, Selasa (12/10/2021), berikut lima pemain yang tak seharusnya dijual Chelsea.

BACA JUGA: Thomas Tuchel soal Jorginho: Dia Pantas Dapat Ballon dOr 2021

5. Thorgan Hazard

Di urutan kelima, ada nama Thorgan Hazard. Setelah mengontrak Eden Hazard dari Lille pada 2012, Chelsea juga mendatangkan saudara laki-lakinya, yakni Thorgan Hazard. Thorgan didatangkan dari Lens pada bursa transfer yang sama.

Thorgan Hazard

Tapi di saat Eden menjadi legenda di Stamford Bridge, hal-hal tidak berjalan baik untuk Thorgan. Dia hanya membuat satu penampilan untuk tim U-21 Chelsea sebelum dipinjamkan ke Zulte Waregem di Belgia.

Thorgan menghabiskan dua musim di Zulta Waregem sebelum kemudian menghabiskan satu musim dengan status pinjaman di Borussia Monchengladbach. Setelah itu, Monchengladbach mengontraknya secaara permanen pada 2015.

Pemain berusia 28 tahun itu pun terus meningkat bersama Monchengladbach. Dia mencetak 46 gol dan mencatatkan 44 assist dalam 187 penampilan untuk tim. Penampilannya meyakinkan membuat Borussia Dortmund bersedia mengeluarkan 23 juta poundsterling untuk jasanya pada 2019.

Dortmund menjual Christian Pulisic ke Chelsea seharga 64 juta euro dan menandatangani Nico Schulz, Thorgan Hazard, serta Julian Brandt. Kini, Thorgan telah menjadi pemain yang sangat berguna bagi raksasa Bundesliga itu, mencatatkan 12 gol dan 20 assist dalam dua musim.

4. Arjen Robben

Berikutnya, ada nama Arjen Robben. Dia adalah pemain dengan kualitas luar biasa yang dilepas Chelsea pada 2007. Awalnya, Robben dibeli dari PSV dengan harga sekira 16 juta poundsterling. Pemain asal Belanda ini hanya berhasil membuat 106 penampilan di semua kompetisi selama tiga musim di Chelsea.

Arjen Robben

Robben mencetak 19 gol dan mencatatkan 22 assist. Dia juga membantu Chelsea meraih dua gelar Liga Premier. Namun, dia tidak pernah mendapat waktu bermain rutin di bawah asuhan Jose Mourinho. Robben akhirnya memilih pergi ke Real Madrid pada 2007.

Di sana, dia punya dua musim yang baik dan menjadi anggota kunci dari kesuksesan tim tersebut menyabet gelar juara La Liga. Tapi, penunjukan Florentino Perez sebagai presiden pada 2009 membuatnya dilepas ke Bayern Munich.

Di sana, Robben kembali membuktikan diri memiliki bakat gemilang. Dia membawa Bayern juara delapan kali Bundesliga, lima kali di DFB-Pokal, dan Liga Champions pada 2012-2013. Kondisi ini membuat Chelsea jian menyesal telah melepasnya.

3. Mohamed Salah

Berikutnya, ada nama Mohamed Salah. Dia dikontrak Chelsea pada Januari 2014 dengan mahar sebesar 14,5 juta poundsterling. Dikenal dengan kecepatannya di sayap, karier Salah tidak pernah baik di Chelsea.

Mohamed Salah

Salah nyaris tidak menikmati momen besar di Chelsea. Salah akhirnya dijual pada 2016. Ternyata, Salah pun bisa terus tampil gemilang. Kini di Liverpool, dia bahkan menjadi pemain penting.

Pemain asal Mesir itu berhasil mencetak 132 gol dan 50 assist dalam 212 penampilannya bersama Liverpool. Dia membantu Liverpool meraih satu gelar Liga Inggris, satu gelar Liga Champions, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Kevin De Bruyne

Nama Kevin De Bruyne juga masuk daftar ini. Mungkin, penyesalan terbesar Chelsea adalah melepaskan Kevin De Bruyne yang bisa dibilang menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia saat ini.

Kevin De Bruyne

Direkrut dari Genk pada 2012 dengan nilai 7 juta poundsterling, masa tinggal dua tahun De Bruyne di Chelsea bertepatan dengan waktu terbaik klub pemain-pemain lain di sana, seperti Willian, Oscar, Eden Hazard, dan bahkan Juan Mata. Kondisi ini membuat De Bruyne terus tersisih.

Karena itu, De Bruyne diizinkan pergi dengan status pinjaman ke Werder Bremen. Di sana, dia tampil begitu mengesankan. Banyak penggemar berharap pemain Belgia itu akan mengulanginya di Stamford Bridge.

Tetapi, De Bruyne berjuang di bawah asuhan Jose Mourinho dan dalam waktu enam bulan ddia dikirim kembali ke Jerman. Kali ini, De Bruyne pindah secara permanen ke Wolfsburg.

Selama 18 bulan di sana, De Bruyne menunjukkan kelasnya yang sebenarnya dan bahkan mengantongi penghargaan Pemain Terbaik Jerman pada 2014-2015. Hal ini meyakinkan Manchester City untuk mengontraknya pada musim panas 2015.

Sejak itu, De Bruyne telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain paling terkenal dan berprestasi di dunia. Banyak orang menganggapnya sebagai gelandang serang terbaik di dunia saat ini.

1. Diego Costa

Di urutan teratas, ada Diego Costa. Kepergiannya dari Chelsea adalah hal yang membingungkan, mengingat dia adalah bagian penting dari tim Chelsea kala itu. Costa ditandatangani oleh Chelsea dari Atletico Madrid pada musim panas 2014.

Diego Costa

Cota sudah tampil gemilang pada musim debutnya. Tetapi, performa Costa menurun pada musim berikutnya, yang berujung pada pemecatan Mourinho. Namun, pemain Spanyol itu sekali lagi mencetak 20 gol Liga Inggris dan membantu Chelsea meraih gelar juara.

Namun, perselisihan dengan manajer membuat Costa menerima pesan teks dari Antonio Conte yang mengatakan bahwa jasanya tidak diperlukan lagi di klub. Dengan demikian, pemain Spanyol itu kembali ke Atletico Madrid pada musim berikutnya.

Costa bisa dibilang striker terbaik yang dimiliki Chelsea sejak Didier Drogba. Karena itu, kepergiannya sangat disayangkan penggemar kala itu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini