Liverpool Tak Seaktif Man United hingga Chelsea dalam Beli Pemain, Klopp: Kami Tak Lakukan Transfer seperti Sirkus!

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Senin 13 September 2021 03:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 45 2470297 liverpool-tak-seaktif-man-united-hingga-chelsea-dalam-beli-pemain-klopp-kami-tak-lakukan-transfer-seperti-sirkus-PBjWCJCBMP.jpg Jurgen Klopp komentari skuad Liverpool. (Foto: Reuters)

LIVERPOOL – Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menanggapi sejumlah kritikan yang muncul terkait keputusannya yang tak terlalu aktif dalam membeli pemain pada bursa transfer musim panas 2021. Kondisi Liverpool dalam berbelanja pemain diketahui berbeda dengan tim-tim lain di Liga Inggris, termasuk Manchester United.

Sebagaimana diketahui, The Reds –julukan Liverpool- hanya melakukan satu pembelian pemain dan tidak terlalu mahal. Mereka hanya merekrut Ibrahima Konate dari RB Leipzig dengan harga 36 juta poundsterling atau senilai Rp710 miliar.

Ibrahima Konate

Langkah Liverpool berbeda dengan tiga tim raksasa Inggris, Chelsea, Manchester United, dan Manchester City. Ketiganya mendatangkan pemain dengan harga yang tinggi dan membuat nilai transfer Konate terlihat murah.

BACA JUGA: Ditandu Keluar saat Laga Leeds United vs Liverpool Berlangsung, Klopp: Cedera Harvey Elliott Parah

Contohnya Chelsea, mereka yang membawa pulang Romelu Lukaku dari Inter Milan seharga 97,5 juta pounds (Rp1,93 triliun). Kemudian Man City, mereka membeli Jack Grealish dari Aston Villa dengan harga 100 juta pounds (Rp1,97 triliun) dan menjadikannya sebagai pemain paling mahal di Inggris.

BACA JUGA: Klopp Puji Setinggi Langit Mohamed Salah Usai Cetak 100 Gol di Liga Inggris

Lalu Man United, mereka yang sangat aktif di bursa transfer musim panas 2021, sukses mendatangkan Cristiano Ronaldo, Raphael Varane, hingga Jadon Sancho. Nama terakhir menjadi rekrutan termahal Setan Merah –julukan Man United- dengan banderol 73 juta pounds (Rp1,45 triliun).

Melihat seriusnya para pesaing Liverpool dalam bursa transfer musim panas kemarin, fans mereka pun sempat berharap The Reds -julukan Liverpool- bisa mendatangkan Erling Haaland ataupun gelandang untuk mengisi posisi yang ditinggal Georginio Wijnaldum. Namun, sampai jendela transfer ditutup, tak seorang pemain pun datang ke Anfield.

Hal itu membuat Klopp dikritik karena dianggap tidak memperkuat skuadnya pada musim ini. Tapi, mantan pelatih Borussia Dortmund itu tidak mau merekrut pemain karena hanya sekadar mengikuti para pesaingnya.

Menurutnya, dengan pemain yang ada sekarang, mereka telah memenangkan Liga Inggris dan Liga Champions. Jadi, Klopp merasa tidak perlu membeli pemain yang tidak dibutuhkan untuk timnya.

Para pemain Liverpool

“Saya melatih untuk melakukan hal-hal dengan cara ini (membeli pemain dengan tepat) dan pada waktu itu kami sudah cukup sukses,” kata Klopp dilansir dari Daily Mail, Senin (13/9/2021).

“Kami telah memenangkan beberapa trofi dengan melakukan banyak hal dengan tepat, tetapi kami kemudian ditanya mengapa Anda melakukan itu (tidak aktif di bursa transfer)? Itu selalu sama,” lanjutnya.

“Kami pikir masuk akal jika kami mendaftarkan skuad yang sudah kami miliki di sini, dan kami melakukannya. Itu tidak spektakuler seperti yang lainnya, saya tidak dapat mengubahnya karena Anda tidak dapat melakukan bisnis transfer hanya untuk berada di sirkus,” imbuhnya.

"Tim lain merekrut pemain, baiklah, dan sekarang kami akan memainkan mereka (pemain yang ada) dan melihat apa yang bisa kami lakukan,” jelas Klopp.

Klopp sendiri sudah membuktikan di awal musim ini bahwa skuadnya memang masih terbilang kuat. Dari empat yang sudah dijalani, Liverpool sudah mengemas tiga kemenangan dan satu hasil imbang sehingga kini duduk di posisi ketiga klasemen sementara Liga Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini