5 Pemain yang Dihancurkan Barcelona, Nomor 1 Pesepakbola Termahal Ketiga di Dunia

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 46 2450154 5-pemain-yang-dihancurkan-barcelona-nomor-1-pesepakbola-termahal-ketiga-di-dunia-n1YAmohQat.jpg Philippe Coutinho dan Antoine Griezmann saat membela Barcelona. (Foto: Laman resmi Barcelona)

BARCELONA telah menjadi salah satu tujuan paling favorit bagi para sejumlah pesepakbola untuk mengembangkan kariernya. Sebab, klub tersebut terbukti bisa menorehkan prestasi manis di berbagai turnamen bergengsi, termasuk Liga Spanyol dan Liga Champions.

Mengingat level klub yang sangat bagus, berkarier di Barcelona tentunya bukan hal mudah. Ada beberapa pemain yang gagal bersinar dan memenuhi ekspektasi setinggi langit. Beberapa bahkan kariernya harus ancur selepas membela Barcelona.

BACA JUGA: 4 Cara Lionel Messi Lepas dari Bayang-Bayang Cristiano Ronaldo, Nomor 1 Paling Penting

Penasaran siapa saja klub tersebut? Berikut lima pemain yang dihancurkan Barcelona.

BACA JUGA: Real Madrid, Juventus dan Barcelona Lanjutkan Liga Super Eropa, Resmi Dicoret dari Liga Champions 2021-2022?

5. Alen Halilovic

Salah satu pemain yang dihancurkan Barcelona ialah Alen Halilovic. Dia datang pada musim panas 2014 dengan harga hanya 2,2 juta euro. Halilovic datang dengan ekspektasi besar karena sosoknya bahkan disamakan dengan Lionel Messi.

Alen Halilovic

Sayangnya, Halilovic gagal memenuhi ekspektasi yang ada. Dia gagal bersinar di Barcelona karenamunculnya trio MSN. Padahal, ini adalah tahun-tahun penting dalam perkembangan Halilovic.

Musim panas berikutnya, Halilovic dipinjamkan ke Sporting Gijon sehingga bisa mendapatkan beberapa menit waktu bermain. Gelandang serang itu membuat 36 penampilan untuk Sporting Gijon, mencetak tiga gol dan memberikan lima assist. Tapi, itu tidak cukup untuk mengesankan manajer Barcelona, Luis Enrique.

4. Alexander Hleb

Berikutnya, ada nama Alexander Hleb. Gelandang asal Belarusia ini adalah bagian dari tim Arsenal yang berhasil mencapai final Liga Champions 2006. Beberapa tahun berikutnya, dia hijrah ke Barcelona karena aksi gemilangnya membuat banyak klub kepincut.

Alexander Hleb

Keputusan bergabung ke Barcelona pada 2008 mungkin jadi yang disesali oleh Hleb. Dia menghabiskan hanya satu tahun di Barcelona dan sebagian besar datang waktunya habis di bangku cadangan.

Dia memang memenangkan treble winners dengan Barcelona, tetapi tidak bisa memainkan banyak peran dalam hal itu. Tidak senang dengan kurangnya waktu bermain, Hleb tidak ingin menghabiskan tahun-tahun terbaiknya untuk menghangatkan bangku cadangan. Barcelona lagi-lagi mengambil tahun-tahun terbaik pemain bintang.

3. Bojan Krkic

Bojan Krkic juga mengalami kejadian serupa. Dia disebut-sebut sebagai penerus Lionel Messi selama tahun-tahun awalnya dan dipuji sebagai harta karun oleh manajer Barcelona saat itu, Frank Rijkaard.

Bojan Krkic

Anak muda itu telah memecahkan rekor Messi sebagai pemain termuda yang tampil untuk tim senior Barcelona. Di musim pertamanya untuk tim senior Barcelona, ​​dia mencetak 12 gol dan memberikan enam assist dalam 48 penampilan.

Kala itu, Krkic baru berusia 17 tahun. Kemudian, Rijkaard diganti oleh Josep Guardiola. Dia pun ingin Krkic kembali bermain untuk tim Barcelona B. Karena sudah bersinar untuk tim senior, keputusan itu tidak disambut baik oleh Bojan. Dia masih memainkan peran utama dalam kemenangan Copa Del Rey Barcelona di musim 2008-2009, mencetak lima gol di turnamen.

Keterlibatannya semakin menurun selama beberapa musim berikutnya karena hubungannya dengan Guardiola memburuk. AS Roma akhirnya menandatangani Bojan pada 2011 seharga 12 juta euro. Dia gagal membuat dampak di klub Serie A dan kembali ke Barcelona pada musim panas 2013.

2. Ousmane Dembele

Ousmane Dembele datang ke Barcelona dengan prediksi bisa menjadi pemenang Ballon dOr di masa depan. Dia belum membenarkan label harganya yang mahal setelah didatangkan sebagai pengganti Neymar oleh Barcelona.

Ousmane Dembele

Dembele hanya tampil impresif di beberapa bagian. Musim 2020-2021 adalah yang terbaik sejauh ini. Itu pun, dia hanya bisa mencetak 11 gol dan lima assist dalam 44 penampilan di semua kompetisi.

Masalah cedera yang kerap membekapnya dan disiplin menjadi penyebab buruknya penampilan Dembele. Namun faktanya, dia belum siap untuk pindah ke klub sebesar Barcelona pada 2017. Dia seharusnya memiliki setidaknya dua tahun lagi pengalaman bersama klub lain sebelum membela Barcelona.

1. Philippe Coutinho

Terakhir, ada nama Philippe Coutinho. Gelandang Brasil itu sangat cocok untuk Liverpool asuhan Jurgen Klopp dan telah menjadi salah satu gelandang serang yang paling dicari dalam permainan.

Barcelona adalah impian Coutinho. Pada pandangan pertama, dia juga terlihat sangat cocok untuk tim Catalan. Dia adalah pengumpan bola yang apik, menunjukkan visi yang hebat, bisa mengambil pemain bertahan, dan mengalahkan semua rival.

Philippe Coutinho

Coutinho tiba di pertengahan musim 2017-2018 dengan status pemain termahal ketiga di dunia karena direkrut seharga 142 juta poundsterling. Dia menjalani paruh musim yang bagus dengan Barcelona, ​​​​mencetak tujuh gol dan memberikan enam assist dalam 18 penampilan di Liga Spanyol. Namun, kontribusinya mulai berkurang di musim 2018-2019.

Ini terjadi sebagian besar karena Coutinho ditempatkan sebagai pemain sayap kiri dan bukan sebagai gelandang serang. Dalam 54 penampilan di semua kompetisi di musim 2018-2019, pemain Brasil itu mencetak 11 gol dan hanya memberikan lima assist.

Dia kemudian dikirim ke Bayern Munich dengan status pinjaman untuk musim 2019-2020. Coutinho bersinar untuk Bayern Munich dan meskipun dia bukan starter reguler, dia memainkan peran utama dari bangku cadangan dalam beberapa pertandingan.

Coutinho adalah bagian dari tim Bayern Munich yang mengalahkan Barcelona 8-2 di perempatfinal Liga Champions 2019-2020. Dia bahkan mencetak dua gol dalam pertandingan itu. Dia akhirnya kembali ke Barcelona pada musim panas 2020. Hingga mengalami cedera lutut, Coutinho melakukan tugasnya dengan baik di musim 2020-2021. Tetapi, dia tetap saja ramai disebut bakal dijual.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini