Real Madrid, Juventus dan Barcelona Lanjutkan Liga Super Eropa, Resmi Dicoret dari Liga Champions 2021-2022?

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 04:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 51 2448757 real-madrid-juventus-dan-barcelona-lanjutkan-liga-super-eropa-resmi-dicoret-dari-liga-champions-2021-2022-o8nNkXqkAl.jpg Juventus siap lanjutkan proyek Liga Super Eropa. (Foto: REUTERS)

TIGA klub raksasa Eropa Real Madrid, Juventus dan Barcelona resmi mengukuhkan diri untuk melanjutkan proyek Liga Super Eropa. Hal itu disampaikan dalam pernyataan yang diumumkan di masing-masing situs resmi klub pada Jumat 30 Juli 2021 malam WIB.

Sebagaimana diketahui, Real Madrid, Juventus, dan Barcelona merupakan tiga dari 12 klub pendiri Liga Super Eropa yang masih kekeuh ingin melanjutkan kompetisi tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu atau setelah mendapat ancaman dari Federasi Sepakbola Eropa (UEFA), sembilan klub lainnya memilih untuk keluar dari ajang tersebut.

Real Madrid

(Real Madrid siap turun di Liga Super Eropa)

Saat itu, UEFA mengultimatum akan mencoret mereka dari keikutsetaan di kompetisi Garapan UEFA jika masih ngotot ingn tampil di Liga Super Eropa. Hanya saja, ancaman UEFA tidak membuat gentar Real Madrid, Juventus dan Barcelona.

Ketiga klub dipimpin Presiden Real Madrid sekaligus presiden Liga Super Eropa Florentino Perez melontarkan banding ke pengadilan. Sampai keputusan resminya dirilis ketiga klub hari ini, isinya kurang lebih adalah mereka menyatakan tidak akan tunduk dengan ancaman UEFA.

“Kami senang bahwa ke depan kami tidak akan lagi tunduk pada ancaman UEFA yang sedang berlangsung,” tulis pernyataan yang serentak dikeluarkan di akun resmi Real Madrid, Barcelona, dan Juventus.

“Tujuan kami adalah untuk terus mengembangkan proyek Liga Super secara konstruktif dan kooperatif, selalu mengandalkan semua pemangku kepentingan sepakbola: penggemar, pemain, pelatih, klub, liga, dan asosiasi nasional dan internasional,” lanjutnya.

BACA JUGA: 5 Klub Paling Boros Belanja Pemain dalam Satu Dekade Terakhir, Nomor 1 Tembus Rp26 Triliun!

Dalam pernyataan tersebut juga dikatakan bahwa pihak pendiri Liga Super membuka diskusi untuk membahas isi proposal dengan pihak UEFA. Mereka tetap mempercayai keputusan ini sudah paling pas untuk menghindari keeksklusifan sepakbola Eropa.

“Kami menyadari bahwa ada unsur-unsur proposal kami yang harus ditinjau dan, tentu saja, dapat ditingkatkan melalui dialog dan konsensus,” lanjutnya.

Florentino Perez

(Florentino Perez (kanan), presiden Liga Super Eropa)

“Kami tetap yakin dengan keberhasilan proyek yang akan selalu sesuai dengan undang-undang Uni Eropa,” lanjut pernyataan tersebut.

Lantas, apakah sikap ngotot Real Madrid, Juventus dan Barcelona melanjutkan proyek Liga Super Eropa, membuat mereka akan dicoret UEFA dari keikutsertaan di Liga Champions 2021-2022?

Sebelumnya,pada Rabu 9 Juni 2021, UEFA akan resmi mencoret ketiga klub di atas dari Liga Champions 2021-2022. Namun, UEFA justru mengumumkan bahwa mereka menunda hukuman yang akan diberikan kepada Juventus, Real Madrid dan Barcelona.

Disinyalir, alasan UEFA menangguhkan hukuman karena mereka takut salah langkah. Terlebih, UEFA kabarnya sudah mendapat ultimatum dari Kementerian Hakim Swiss.

Menurut laporan Cadena SER, Kementerian Hakim Swiss menyebut UEFA tak berhak mencoret Barcelona, Real Madrid dan Juventus dari Liga Champions (hukuman yang berpotensi dijatuhkan UEFA kepada tiga klub itu karena tampil di Liga Super Eropa). Sebab, dalam pandangan Kementerian Hakim Swiss, tak ada satu pun peraturan yang dilanggar Barcelona, Juventus dan Real Madrid.

Jadi, menarik menanti putusan apa yang diambil UEFA perihal masalah di atas. Menarik untuk dinantikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini