Liga 1 2021 Tak Jelas, Persib Tak Memonitor Latihan Pemain

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Sabtu 17 Juli 2021 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 17 49 2442138 liga-1-2021-tak-jelas-persib-tak-memonitor-latihan-pemain-q27Jhpl8oE.jpg Pelatih Robert Alberts sudah kehabisa ide untuk memotivasi pemain Persib Bandung. (Foto/Persib Bandung)

BANDUNG – Jadwal Liga 1 2021 menjadi tidak jelas dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga akhir Juli mendatang. Padahal, kompetisi seharusnya sudah dimulai pada 10 Juli silam.

Tidak jelasnya kompetisi kapan digelar membuat pelatih Persib Bandung, Robert Alberts memilih membebaskan pemainnya dari program latihan. Ia tak lagi memberikan menu khusus yang harus dijalankan.

Foto/Persib Bandung

Ini berbeda dibanding sepekan terakhir dimana para pemain mendapat program yang harus dilakukan mandiri. Kini, pemain akan berlatih tanpa dikontrol seperti sebelumnya.

Baca juga: Libur Latihan karena PPKM Darurat, Ini yang Dilakukan Bek Persib Bandung

"Semuanya memiliki program latihan masing-masing dan kami mengatakan pada pemain bahwa saat ini kami tidak akan memonitor latihannya. Karena kami belum tahu tanggal pasti dan apa yang akan terjadi soal kick off liga," kata Robert, Jumat (16/7/2021).

Baca juga: Hidupi Banyak Orang, Winger Persib Bandung Sebut Kompetisi Wajib Jalan di Tengah Pandemi Covid-19

Dia sendiri pusing dengan ketidakpastian sepak bola di Indonesia. Sebab, berkali-kali rencana kick off harus berubah. Ujung-ujungnya, hingga kini kompetisi tak kunjung bergulir.

Pria asal Belanda itu bahkan sudah kehabisan ide menjaga motivasi pemain. Sebab, ia sudah berkali-kali membangkitkan semangat dan melakukan persiapan, tapi ujung-ujungnya berakhir percuma.

"Ini tidak mudah untuk menjelaskan kepada pemain lagi. Bukan hanya untuk pemain, tapi juga ada staf dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Ini menurunkan moril kami dan membuat kami bingung," jelas eks pelatih PSM Makassar itu.

Dia sendiri sejauh ini masih menanti kepastian kick off kompetisi. Informasi yang didapatkannya, Liga 1 akan berjalan 20 Agustus mendatang.

"Informasi yang beredar di internet adalah liga dimulai 20 Agustus dan itu belum terkonfirmasi. Hanya, pihak LIB menyebut akan memberi waktu tim berlatih dua sampai empat pekan setelah lockdown (20 Juli)," tutur Robert.

Foto/Persib Bandung

Sementara selain membebaskan pemain berlatih tanpa program dari tim pelatih, mereka juga diberi keleluasaan. Pemain asing bahkan diperbolehkan pulang ke negaranya.

Marc Klok misalnya, pemain naturalisasi itu memilih pulang ke kampung halamannya di Belanda. Ia menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menunggu kapan tim kembali berkumpul.

"Beberapa pemain asing memutuskan untuk pulang dan menghabiskan waktunya bersama keluarga di negara asalnya yang mana itu kami izinkan," tandas Robert.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini