Hadapi Inggris di Wembley, Roberto Mancini Pantang Gelisah

Cikal Bintang, Jurnalis · Minggu 11 Juli 2021 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 11 51 2439025 hadapi-inggris-di-wembley-roberto-mancini-pantang-gelisah-Dw5krYqtJd.jpg Roberto Mancini. (Foto: Reuters)

LONDON – Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini, menatap optimis laga kontra Inggris di final Piala Eropa 2020. Dia tak gentar menghadapi Inggris yang akan berlaga di kandangnya sendiri, yakni Stadion Wembley, London.

Italia memang hanya tinggal selangkah lagi dalam merebut gelar juara Piala Eropa 2020. Laga penentuan akan dilakoni Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- pada Senin 12 Juli 2021 pukul 02.00 WIB.

Infografis Timnas Italia vs Inggris

Jelang menghadapi Inggris di partai final, Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini, angkat bicara. Dia memastikan tidak gelisah sama sekali, meskipun akan meladeni Inggris di kandangnya.

“Saya tidak gelisah, mungkin besok (Senin WIB) saya harus lebih tenang. Momen ini akan menjadi penting bagi saya, saya berharap untuk mendapatkan kesuksesan yang tidak saya miliki sebagai pemain berbaju biru (Timnas Italia),” kata Mancini dilansir dari Goal Internasional, Minggu (11/7/2021).

BACA JUGA: Final Piala Eropa 2020: Inggris Ingin Ukir Sejarah, Italia Bidik Trofi Kedua

Sekadar informasi, Mancini pernah berseragam Gli Azzurri pada periode 1984-1994. Kala itu, Mancini belum pernah sekali pun merengkuh trofi bersama Italia. Selama kariernya sebagai pemain, Mancini selalu kandas di babak semifinal, yakni pada ajang Piala Eropa 1988 dan Piala Dunia 1990.

BACA JUGA: Jalani Final Pertama di Piala Eropa, Harry Kane Pastikan Inggris Tak Diliputi Ketegangan

Pada Piala Eropa 1988, Mancini kalah di semifinal melawan Uni Soviet dengan skor 0-2. Begitu juga di ajang Piala Dunia 1990 yang berlangsung di Italia, dia gagal membawa timnya meraih kemenangan atas Argentina usai berlaga hingga babak adu penalti.

Lebih lanjut, pelatih berusia 56 tahun tersebut mengingatkan timnya harus bisa mengontrol ketenangan. Ia meminta Italia untuk tak terbebani di partai final Piala Eropa 2020 dan tampil maksimal di pertandingan tersebut.

“Kami harus tenang, kami tahu ini akan sulit tetapi kami harus fokus pada permainan kami. Kami harus bersenang-senang, ini adalah pertandingan terakhir (Piala Eropa 2020). Untuk melakukannya kami harus tampil selama 90 menit,” tegas Mancini.

Roberto Mancini

Di sisi lain, Gli Azzurri sedang dalam performa membara karena dalam 33 pertandingan belum terkalahkan di semua kompetisi. Sementara itu, Inggris sama trengginasnya dengan Italia.

The Three Lions -julukan Timnas Inggris- sedang dalam mental yang bagus untuk membidik trofi pertamanya di gelaran Piala Eropa 2020.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini