Dihajar Prancis 0-1, Jerman untuk Pertama Kalinya Kalah di Laga Perdana Piala Eropa

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 06:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 51 2425823 dihajar-prancis-0-1-jerman-untuk-pertama-kalinya-kalah-di-laga-pembuka-piala-eropa-sNBBEzcBEr.JPG Para pemain Jerman terlihat lesu usai dikalahkan Prancis. (Foto: Reuters)

MUNICH – Kekalahan 0-1 yang dirasakan Tim Nasional (Timnas) Jerman dari Prancis menjadi sebuah rekor buruk untuk Der Panzer –julukan Timnas Jerman. Pasalnya dalam 12 edisi Piala Eropa sebelumnya, Jerman tak pernah sekali pun merasakan kekalahan di laga perdana kompetisi tersebut.

Jadi, hasil 0-1 pada laga kontra Prancis di matchday pertama Grup F, Rabu (16/6/2021), menjadi kekalahan perdana Jerman selama tampil di ajang Piala Eropa. Sebelumnya, dari 12 edisi Piala Eropa yang sudah dimainkan Jerman, tim tersebut sanggup menang di tujuh laga perdana dan meraih imbang di lima pertandingan.

Tentunya kekalahan Jerman di laga perdana Piala Eropa 2020 memberikan pertanda buruk untuk peraih tiga kali gelar juara Piala Eropa tersebut.

Pogba Ungkap Rahasia Keberhasilan Prancis dalam Membungkam Jerman

Gol bunuh Mats Hummels di laga Prancis vs Jerman

“Jerman telah menderita kekalahan dalam laga perdana Piala Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah tim tersebut,” ungkap pernyataan UEFA di laman resmi, Rabu (16/6/2021).

“Selama ini dari 12 pertandingan perdana Piala Eropa yang diikuti Jerman, tim itu sanggup memetik tujuh kemenangan dan lima hasil imbang,” tambah keterangan dari akun twitter OptaJoe.

Selain karena mencoreng tren positif Jerman selama tampil di laga perdana Piala Eropa, kekalahan dari Prancis juga membuat peluang skuad asuhan Joachim Low itu untuk menjadi juara semakin kecil.

Pasalnya sulit merebut dua kemenangan lagi di tengah kondisi Jerman yang berada di grup neraka. Selain masih akan menghadapi Portugal dan Hungaria, Jerman juga harus berdoa agar lawan-lawannya meraih hasil buruk.

Jadi, kini peluang Jerman untuk lolos ke babak 16 besar tidaklah terlalu besar walau masih ada. Namun, pastinya Jerman tak boleh menyerah begitu saja.

Jerman masih berkesempatan untuk lolos ke babak selanjutnya, atau bahkan menjuarai Piala Eropa 2020. Walau tidak banyak, tapi ada satu tim yang berhasil keluar menjadi juara Piala Eropa usai menelan kekalahan di laga perdana.

Aksi Paul Pogba di laga Prancis vs Jerman

Tim yang dimaksud adalah Belanda. Pada edisi Piala Eropa 1988, Belanda juga kalah di partai perdana. Namun, Oranje mampu bangkit hingga akhirnya memenangkan Kejuaraan Eropa edisi 1988 tersebut.

“Satu-satunya tim yang memenangkan Piala Eropa setelah kalah dalam pertandingan perdana di turnamen tersebut adalah Belanda pada edisi 1988,” tutup pernyataan OptaJoe.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini