Sikat Rusia 3-0, Belgia sejak Awal Sudah Tahu Akan Menang Mudah

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 13 Juni 2021 05:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 13 51 2424317 sikat-rusia-3-0-belgia-sejak-awal-sudah-tahu-akan-menang-mudah-LtuSdbJPE1.JPG Timnas Belgia tampil trengginas saat menang 3-0 atas Rusia. (Foto: Reuters)

SAINT PETERSBURG – Tim Nasional (Timnas) Belgia berhasil menghajar Rusia 3-0 di matchday pertama Grup B Piala Eropa 2020 pada Minggu (13/6/2021) dini hari WIB. Kemenangan mudah itu ternyata diakui pelatih Belgia, Roberto Martinez sudah terprediksi sebelumnya.

Martinez berkata seperti itu karena sebelum laga melawan Rusia di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg itu berlangsung, Belgia sudah menyiapkan strategi yang dapat mengalahkan tim tamu. Martinez menyebut Belgia sudah memiliki strategi untuk menang mudah atas Rusia.

Strategi itu berdasarkan pengamatan Martinez dari tiga pertemuan sebelumnya dengan Rusia. Pada tiga pertemuan terakhir itu (kurun waktu 2017-2021), Martinez menyadari bahwa Rusia hanya memiliki dua formasi yang digunakan.

Baca Juga: Klasemen Grup B Piala Eropa 2020 hingga Matchday Pertama: Belgia Kuasai Puncak

Suasana laga Belgia vs Rusia

Formasi pertama dengan memainkan empat bek dan komposisi lainnya dengan menggunakan lima bek. Berdasarkan pengamatan itu, Martinez sadar jika Belgia sanggup mematikan permainan Rusia saat memakai formasi itu, maka kemenangan akan jauh lebih mudah mereka raih.

Benar saja, Rusia menurunkan empat bek dalam formasi 4-2-3-1 saat menghadapi Belgia dini hari tadi. Martinez yang sudah melatih Eden Hazard dan kawan-kawan untuk mengantisipasi permainan Rusia pun dengan mudah mengatasi tim berjuluk Sbornaya tersebut.

Selain mengetahui cara bermain Rusia, Martinez juga menyebut Belgia sadar bahwa Artem Dyzuba dan Aleksandr Golovin adalah dua pemain kunci skuad asuhan Stanislav Cherchesov tersebut. Bila mematikan dua pemain itu, Martinez yakin Rusia tidak akan berkutik.

“Kami bermain melawan Rusia tiga kali dalam waktu dekat ini (antara Maret 2017 sampai November 2019). Pelatih mereka menggunakan empat bek di salah satu pertandingan dan lima bek di dua laga lainnya, jadi kami mempersiapkan diri untuk menghadapi keduanya,” kata Martinez, melansir dari laman resmi UEFA, Minggu (13/6/2021).

“Itu bukan sebuah kejutan (Belgia dapat menang mudah atas Rusia). Kami tahu pola dan ancaman nyata dari tim Rusia. Tidak peduli formasi mana yang mereka mainkan,” tambahnya.

Suasana laga Belgia vs Rusia

“Mereka memiliki pemain yang benar-benar mengandalkan fisik seperti Dzyuba yang dapat memberikan yang nyata, yang dapat membawa pemain seperti Golovin ke dalam permainan mereka,” lanjut Martinez.

Jadi, semua itulah yang menjadikan alasan mengapa Martinez tak kaget Belgia menang mudah 3-0 atas Rusia. Semua itu terjadi karena mereka sudah memahami bagaimana permainan Rusia.

Selanjutnya, Belgia akan menghadapi Denmark di matchday kedua Grup B Piala Eropa 2020, pada Kamis 17 Juni 2021. Lalu Belgia juga akan melawan Finlandia pada Selasa 22 Juni 2021.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini