Angelo Alessio, Pelatih Baru Persija yang Pernah Jadi Asisten Antonio Conte

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 49 2423195 angelo-alessio-pelatih-baru-persija-yang-pernah-jadi-asisten-antonio-conte-JbSebdwFjX.JPG Angelo Alessio saat menjadi asisten pelatih Antonio Conte di Chelesa. (Foto/Instagram Angelo Alessio)

JAKARTA - Angelo Alessio resmi menjadi pelatih Persija Jakarta, Kamis (10/6/2021). Pelatih asal Italia itu memiliki karier yang cukup mentereng. Dia pernah menjadi asisten pelatih Antonio Conte.di Siena, Juventus, Timnas Italia hingga Chelsea.

Angelo Alessio diumumkan menjadi pelatih baru skuad Macan Kemayoran oleh Presiden Persija, Mohamad Prapanca. Dalam acara itu, tidak diungkap apakah Alessio masih di Italia atau sudah di Indonesia. Namun, Prapanca mengungkapkan bahwa Alessio akan membawa satu orang untuk menjadi asistennya saat mengasuh Persija.

Foto/Instagram

Terlepas dari itu, Alessio punya pengalaman apik dalam dunia kepelatihan. Dia mengawali dunia kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih di Napoli pada 2002.

Baca juga: 5 Target Besar Gilang Widya Pramana Setelah Terpilih sebagai Presiden Arema FC

Setelah dua tahun, Alessio menjadi manajer Imolese pada 2004. Dia hanya melatih selama semusim dan pindah ke Massese hingga 2007.

Baca juga: Crazy Rich Malang Gilang Widya Pramana Minta Perburuan Pemain Asing Arema FC Dipercepat

Alessio melanjutkan kiprahnya bersama SPAL pada 2008 dengan menjabat manajer. Baru dua tahun, dia kembali menjadi asisten manajer di Siena pada 2010-2011. Dari situlah kerja sama Conte dan Alessio Dimulai.

Setelah itu, keduanya bekerja sama di Juventus pada 2011-2014. Di pertengahan kariernya menjadi asisten pelatih Juventus, Alessio pernah menjabat sebagai pelatih sementara si Nyonya Tua Itu pada awal musim 2012-2013.

Selama bekerja sama dengan Conte, Alessio membantu Juventus meraih gelar juara. Raksasa turin eranya meraih tiga trofi Liga Italia dan dua trofi Piala Super Italia.

Setelah tiga tahun di Juventus, Alessio sempat menjadi asisten pelatih di Timnas Italia pada 2014-2016. Dia menjabat sebagai pelatih teknis.

Foto/Instagram

Jabatannya di Timnas Italia dilepas pada pertengahan 2016. Alessio memutuskan kembali bekerja sama dengan Antonio Conte di Chelsea. Bersama raksasa Liga Inggris, Alessio berhasil membantu timnya mengangkat trofi Liga Inggris dan Piala FA.

Selepas menjabat asisten pelatih Chelsea, Alessio mencoba peruntungan dengan menjabat menjadi manajer klub asal Skotlandia Kilmarnock pada 2019 silam. Kilmarnock eranya finis di urutan ke-8 Liga Skotlandia 2019-2020. Pencapaian itu menurun jika dibandingkan dengan musim lalu, di mana Kilmarnock mampu finis di urutan ketiga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini