Bukan Xavi, Guardiola Tunjuk Koeman sebagai Pelatih Tepat Tangani Barcelona

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 46 2421824 bukan-xavi-guardiola-tunjuk-koeman-sebagai-pelatih-tepat-tangani-barcelona-8VeZjNx1Cp.jpg Ronald Koeman (kanan) bersama Joan Laporta. (Foto: Twitter/@BarcaUniversal)

MANCHESTER – Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, menilai Ronald Koeman sebagai pelatih yang tepat untuk Barcelona. Sejumlah alasan melatarbelakangi keyakinan Guardiola tersebut.

Ronald Koeman baru saja resmi dipertahankan Barcelona hingga musim depan. Presiden Barcelona, Joan Laporta, akhirnya yakin 100 persen untuk mempertahankan pelatih asal Belanda tersebut.

Ronald Koeman

Keputusan Laporta itu pun didukung Guardiola, sosok yang pernah menangani Barcelona pada 2008-2012. Pelatih 50 tahun itu menilai Koeman masih sosok tepat menangani Barcelona, bukan Xavi Hernandez yang pernah dirumorkan sebelumnya.

“Dia (Koeman) adalah teman saya. Pelatih selalu berada di posisi yang lebih lemah saat kami tidak menang, dan posisi yang lebih kuat saat kami menang. Dia juga pelatih yang ideal untuk Barcelona musim depan. Saya sangat senang dan Laporta yakin (untuk mempertahankan Koeman),” kata Guardiola, dikutip dari Marca, Selasa (8/6/2021).

BACA JUGA: Sudah Legawa, Guardiola Yakin Aguero dan Eric Garcia Berkarier Manis di Barcelona

Sekadar informasi, Guardiola dan Koeman sempat bekerja sama di Barcelona sebagai pemain dalam kurun 1989-1995. Keduanya bahkan membantu Barcelona juara Piala/Liga Champions 1991-1992.

Ketika aktif sebagai pemain itu, keduanya bercita-cita menjadi pelatih. Namun, sebelum menjadi pelatih, mereka membulatkan tekad lebih dulu. Sebab, tak mudah untuk menjadi pelatih.

Ronald Koeman

(Ronald Koeman saat aktif sebagai pemain Barcelona)

“Saya mendiskusikan ini (menjadi pelatih) dengan Koeman. Jika Anda tidak menginginkan untuk melatih, jangan dedikasikan diri Anda untuk itu, tetapi dia kuat dan sekarang memiliki banyak pengalaman,” ujar Guardiola.

Jika bicara kesuksesan sebagai pelatih, Guardiola jauh di atas Koeman. Guardiola telah memenangkan semua trofi yang pernah diikutinya. Sementara Koeman, gelar bergengsi yang pernah didapatkannya adalah membantu Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven juara Liga Belanda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini