Peluncuran Sportstars.id, Ketua Umum PSSI Ungkap Sulitnya Menggelar Pertandingan saat Pandemi Covid-19

Susanto, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 49 2415383 peluncuran-sportstar-id-ketua-umum-pssi-ungkap-sulitnya-menggelar-pertandingan-saat-pandemi-covid-19-2cf5cXHVZd.jpg Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menghadiri peluncuran Sportstars.id. (Foto/MPI/Qualidiba Al Farabi)

JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan, menghadiri acara peluncuran portal berita olahraga milik MNC Group, Sportstars.id, Kamis (25/5/2021). Pada kesempatan dia mengungukapkan sulitnya menggelar kompetisi di tengah pandemi Covid-19.

Kompetisi tertinggi sepakbola Indonesia, Liga 1 2020 terpaksa dihentikan pada Maret tahun lalu karena pandemi virus corona. Setelah setahun vakum, sepakbola Tanah Air kembali bergeliat dengan diadakannya turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Foto/MPI/Quadiliba Al Farabi

Iriawan Eks Kapolda Metro Jaya mengatakan bahwa PSSI dan sejumlah pihak telah bekerja keras mengembalikan kompetisi. Sebanyak 39 pertandingan akhirnya berhasil digelar di tengah wabah meski tanpa dukungan suporter.

Baca juga: Ini Langkah Persib untuk Bentuk Skuad Tangguh di Liga 1 2021

Pertaruhan yang besar diambil Iwan Bule ketika memutuskan menggelar kompetisi sepakbola di tengah angka penularan Covid-19 yang belum terkendali. Namun, kata dia, tidak ada pilihan lain untuk menyelamatkan para pemain dan insan sepakbola nasional dari masalah ekonomi saat kompetisi mati suri.

Baca juga: Rapat Koordinasi dengan Menpora, PSSI Pastikan Liga 1 Digelar di Pulau Jawa

“Memang itu gambling (perjudian), kalau terjadi penyebaran Covid-19, selesai saya. Mungkin (pertandingan sepakbola) tidak diizinkan lagi. Tapi alhamdulillah sampai akhirnya tidak ada yang terjangkit penyebaran Covid-19,” kata Iwan Bule sapaan akrab Mochamad Iriawan.

Kata Iwan Bule, untuk menggelar Piala Menpora 2021, telah dilakukan 10 ribu tes swab antigen selama kompetisi. Meski memakan biaya besar, namun hanya dengan cara itu kompetisi sepakbola nasional bisa kembali bergulir.

“Semua di-swab termasuk panpel ofisial, pelatih, jadi pagi di hotel mereka di-swab, siang negatif, baru main. Memang sangat banyak mengeluarkan biaya, hampir 10.000 kali swab antigen saat Piala Menpora 2021 dari 39 pertandingan,” katanya.

Sementara itu, Liga 1 2021 diwacanakan akan diadakan pada 3 Juli mendatang. Iwan Bule mengatakan bahwa kompetisi akan terpusat di Pulau Jawa.

Sebelum menutup acara launching portal berita Sportstars.id, Iwan Bule berharap kesuksesan Piala Menpora 2021 menjadi pintu masuk untuk kembali menggelar liga. Dia pun berharap Sportstars.id ambil bagian besar dari perjalanan olahraga nasional, khususnya sepakbola.

Foto/MPI

Acara peluncuran Sportstar.id ini dipimpin langsung Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo. Adapun tamu yang hadir adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali, dan Ketua KONI Pusat Marciano Norman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini