5 Poin Penting El Clasico Real Madrid vs Barcelona

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Minggu 11 April 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 11 46 2392818 5-poin-penting-el-clasico-real-madrid-vs-barcelona-4R66C5UVPp.jpg Lionel Messi. (Foto/FC Reuters)

REAL MADRID memenangi pertandingan El Clasico dengan skor 2-1 atas Barcelona dalam laga pekan ke-30 Liga Spanyol 2020-2021 di Stadion Alfredo di Stefano, Madrid, Minggu (11/4/2021) dini hari WIB.

Gol Karim Benzema dan eksekusi tendangan bebas Toni Kroos membantu kemenangan Real Madrid. Sedangkan Barcelona hanya bisa membalas sekali melalui Oscar Mingueza.

Berikut lima poin penting laga El Clasico Real Madrid vs Barcelona:

5. Karim Benzema Akhiri Paceklik Gol

Karim Benzema sedang dalam performa terbaiknya dalam mencetak gol dalam karirnya di Real Madrid. Namun, itu adalah gol pertama pemain Prancis itu dalam sepuluh pertandingan terakhirnya melawan Barcelona.

Pemain 33 tahun itu membuka keunggulan Madrid atas Barcelona pada menit ke-13. Menyambut umpan dari tarik Lucas Vazquez, penyerang asal Prancis itu menyenctak gol dengan dengan sontekan tumit kaki kanannya untuk memperdaya kiper Marc-Andre ter Stegen.

Foto/Reuters

 4. Messi Masih Mandul Gol

Catatan buruk Lionel Messi dimulai sejak rival abadinya, Cristiano Ronaldo, hengkang dari Real Madrid ke Juventus pada musim panas 2018 silam. Setelah Cristiano Ronaldo pergi, Lionel Messi mandul dalam tujuh penampilan dari delapan El Clasico terakhir.

Baca juga: Real Madrid Pecundangi Barcelona, Karim Benzema: Alhamdulillah

Baca juga: Real Madrid vs Barcelona: Ini Permintaan Messi ke Wasit saat Laga Berjalan

Padahal, Lionel Messi merupakan top skor El Clasico dengan torehan 26 gol. Gol terakhir Lionel Messi ke gawang Real Madrid tercipta saat Barcelona meraih hasil imbang 2-2 pada 6 Mei 2018 silam.

Foto/Reuters

3. Fede Valverde dan Vinicius Jr. Bermain Apik

Performa Marco Asensio bagus pada akhir-akhir ini. Karena itu sangat mengejutkan saat Zinedine Zidane memilih memilih Fede Valverde di sayap kanan. Namun gelandang asal Uruguay itu tak mengecewakan pelatihnya.

Begitu juga dengan Vinicius Jr. Pemain asal Brasil itu menjadi masalah utama bagi Oscar Mingueza di sepanjang pertandingan. Vinicius beberapa kali mampu mengelabui lawannya dan kecepatannya kerap meninggalkan Mingueza.

Foto/Reuters

4. Taktik Zinedine Zidane

Pelatih asal Prancis tersebut merubah taktiknya dari blok rendah dengan skema 5-4-1, dan tiba-tiba menjadi serangan balik dengan formasi 4-3-3. Zidane pintar memaksimalkan kecepatan Vinicius Jr.

Dia juga menugaskan Casemiro untuk menempel ketat Messi. Pemain asal Brasil akhirnya harus diusir wasit karena sering melakukan pelanggaran kepada pemain Barca.

Foto/Reuters

5. Pertanda Buruk bagi Barcelona

Sebelum pertandingan, Ronald Koeman menegaskan bahwa kekalahan Barcelona tidak akan mempengaruhi peluang mereka mengangkat trofi Liga Spanyol di akhir musim. Namun, yang patut menjadi perhatian pemain asal Belanda itu adalah bahwa Barcelona tidak pernah memenangkan liga ketika Real Madrid mengalahkan mereka dua kali di liga domestik.

Barcelona tertinggal satu poin di belakang rival mereka, tapi Real Madrid sepertinya tidak akan goyah. Sedangkan Atletico Madrid bisa mempencungi dengan menyimpan satu laga.

Foto/Reuters

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini