Barcelona Dinilai Beruntung Dilatih Ronald Koeman

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 46 2386710 barcelona-dinilai-beruntung-dilatih-ronald-koeman-PJnyS2CrQa.jpg Ronald Koeman (Foto: Marcelo Del Pozo/REUTERS)

BARCELONA – Jordi Cruyff memberikan pandangan soal kinerja Ronald Koeman sebagai pelatih mantan klubnya, yakni Barcelona. Menurut Jordi, Barca seharusnya merasa beruntung memiliki pelatih seperti Koeman pada saat ini.

Sebagaimana diketahui, Koeman sendiri memang resmi ditunjuk sebagai pelatih Barcelona jelang musim 2020-2021 dimulai. Manajemen Barcelona menunjuk Koeman sebagai pelatih guna menggantikan peran Quique Setien yang dinilai gagal.

Pada awal kiprah Koeman sebagai pelatih Barcelona, ia memang gagal menunjukkan performa mengesankan. Bahkan Barca harus rela menutup tahun 2020 dengan menempati posisi keenam pada klasemen Liga Spanyol musim ini.

Ronald Koeman

Akan tetapi perlahan tapi pasti, Barcelona pun mulai menunjukkan performa mengesankan di segala kompetisi yang mereka ikuti pada musim ini. Bahkan di Liga Spanyol 2020-2021, Barca mampu melalui delapan pertandingan terakhir mereka dengan sempurna alias selalu menang.

Bahkan dalam pertandingan teranyar, Barca berhasil memetik kemenangan besar bertandang ke markas Real Sociedad. Dalam pertandingan tersebut, Barca berhasil memetik kemenangan 6-1 atas Sociedad via gol Antonie Griezmann, Sergino Dest (dua gol), Ousmane Dembele, dan Lionel Messi (dua gol).

Baca Juga: Bek Barcelona Berharap Ronald Koeman Tetap Bertahan

Meski begitu, bukan berarti posisi Koeman sebagai pelatih Barca masih aman-aman saja pada saat ini. Terlebih dengan adanya fakta bahwa Barca kembali gagal menjuarai Liga Champions 2020-2021 usai disingkirkan Paris Saint-Germain (PSG) di babak 16 Besar.

Kondisi itulah yang membuat masa depan Koeman bersama Barca tidak jelas kelanjutannya. Terlebih manajemen Barca juga dalam beberapa bulan terakhir dikait-kaitkan dengan sejumlah pelatih seperti Mikel Arteta, Xavi Hernandez, hingga Massimiliano Allegri.

Jordi pun lantas memberikan saran kepada manajemen Barca untuk tidak terlalu mudah mengambil keputusan untuk memecat Koeman dari kursi kepelatihan tim mereka. Sebab, Jordi menyadari akan kualitas yang dimiliki Koeman saat ini.

“Koeman adalah pelatih yang berprestasi, dan harus diingat ia datang di saat klub ini berada dalam situasi yang sulit. Ada banyak perubahan komposisi pemain, ada masalah keuangan dan juga masalah institusional,” jelas Jordi, seperti disadur dari Marca, Selasa (30/3/2021).

Ronald Koeman

“Saya merasa bahwa dinamika adalah sesuatu yang penting dalam sepakbola. Namun bisa kita lihat bahwa Barcelona saat ini sudah mulai pulih di bawah kepemimpinannya,” anak dari legenda sepakbola Belanda, yakni Johann Cruyff tersebut.

Baca Juga: Ronald Koeman Tenang Dapat Kepercayaan dari Joan Laporta

“Saya percaya bahwa semua kerja keras akan menuai hasilnya. Saya yakin ia akan membawa klub ini meraih kesuksesan, dan sebagai mantan pemain ia mengenal dengan baik klub ini dan itu keuntungan tersendiri baginya,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini