Ronald Koeman Tenang Dapat Kepercayaan dari Joan Laporta

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 46 2382335 ronald-koeman-tenang-dapat-kepercayaan-dari-joan-laporta-Wv8dnb9qyo.jpg Ronald Koeman (Foto: Media Barcelona)

BARCELONA – Joan Laporta telah terpilih sebagai Presiden Barcelona yang baru. Kondisi ini kemudian membuat Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, merasa tenang karena Laporta ternyata memiliki kepercayaan terhadap dirinya untuk menukangi Blaugrana.

Koeman sejatinya adalah pelatih pilihan Presiden Barcelona terdahulu, Josep Maria Bartomeu. Maka dari itu, ketika Bartomeu lengser dari jabatannya, banyak yang berspekulasi bahwa Koeman juga akan dipecat.

Baca juga: Dirumorkan ke Man City dan Barcelona, Ini Jawaban Erling Haaland

Joan Laporta sendiri telah berulang kali mengatakan bahwa ia ingin merekrut Xavi Hernandez untuk bisa menukangi Barcelona. Akan tetapi untuk saat ini, Laporta nyatanya merasa puas dengan servis yang diberikan Koeman.

Ronald Koeman

Meski Barcelona tersingkir di babak 16 besar Liga Champions, namun mereka mampu memangkas jarak dengan Atletico Marid di puncak klasemen Liga Spanyol 2020-2021. Saat ini Blaugrana bahkan hanya tertinggal empat angka di belakang Atletico Madrid.

Baca juga: Pecahkan Rekor, Lionel Messi Pencetak Gol Terbanyak di Satu Liga

Kendati begitu, Koeman sadar bahwa ia tetap tidak bisa lengah. Karena, jika kemudian Barcelona mendera hasil buruk lagi, ia yakin Laporta akan mengambil tindakan, termasuk mengganti pelatih.

"Penting bahwa (Laporta) menyoroti pekerjaan (yang dilakukan Barcelona musim ini). Dia telah mengatakan kepada saya bahwa dia percaya pada saya. Dan ini penting, tetapi ini dapat berubah jika tidak ada hasil," beber Koeman, dilansir dari Marca, Selasa (23/3/2021).

Dari sudut pandang Laporta, Xavi sebenarnya sosok ideal untuk menangani Blaugrana. Karena Xavi sudah paham betul karakter dan filosofi sepakbola Barcelona. Kehadiran Xavi diyakini Laporta juga akan disambut baik oleh semua pihak.

Kendati demikian, Laporta tidak ingin terburu-buru. Ia mengharapkan agar Xavi lebih banyak mencari pengalaman lagi sebelum benar-benar menukangi Barcelona.

Xavi Hernandez dan Lionel Messi

"Kami (Laporta dan Xavi) sering menelepon satu sama lain. Dalam proyek saya, saya pikir dalam jangka pendek, menengah atau panjang, dia bisa melatih Barcelona karena dia menginginkannya. Tapi dia butuh sedikit lebih banyak persiapan. Klub membutuhkan pengalaman,” terang Laporta.

β€œItu sama seperti yang kami lakukan dengan (Frank) Rijkaard, yang meletakkan fondasi, dan Pep Guardiola, yang membawa keunggulan. Pertama-tama, kami harus menghormati Koeman, yang memiliki kontrak,” paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini