Formasi 3-5-2 Jadi Kunci Barcelona Singkirkan Sevilla Secara Dramatis

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 07:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 46 2371971 sukses-comeback-koeman-sengaja-ulangi-strategi-yang-sama-saat-kalahkan-sevilla-KiZgXlCyhx.JPG Barcelona (Foto: Reuters)

BARCELONA – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengaku sangat senang dengan kemenangan yang mereka raih atas Sevilla pada leg kedua semifinal Copa del Rey 2020-2021. Bermain di Camp Nou, Kamis (4/3/2021) dini hari WIB, Barcelona menang 3-0.

Kemenangan tersebut pun membawa Barcelona lolos ke partai final secara dramatis. Sebab, pada laga leg kedua, Barcelona sendiri menelan kekalahan dengan skor 0-2 ketika laga dimainkan di markas Sevilla.

Baca juga Barcelona Lolos Dramatis ke Final Copa del Rey, Koeman: Kami Selalu Percaya

Namun, pada laga leg kedua ini, Barcelona membuat epic comeback dengan kemenangan 3-0. Bahkan keberhasilan itu pun semakin dramatis setelah gol menentukan terjadi pada menit-menit akhir.

Barcelona sendiri sukses mencetak gol pertama pada menit 12 lewat aksi Ousmane Dembele. Namun, Barcelona tak mampu menambah keunggulan untuk menyamakan skor agregat ketika laga sudah menyentuh angka menit 90.

Barcelona vs Sevilla

Akan tetapi, keajaiban terjadi ketika Gerard Pique sukses mencetak gol pada menit 90+4 untuk membuat keadaan skor agregat menjadi imbang 2-2. Laga pun akhirnya berlangsung ke babak tambahan waktu dan motivasi tinggi didapat Barcelona.

Baca juga Lolos ke Final Copa del Rey, Ter Stegen Bersyukur Bisa Gagalkan Penalti

Pada menit 95, mereka sukses mencetak gol ketiga sekaligus menjadi penentu kemenangan Barcelona atas Sevilla. Satu gol tersebut disumbangkan oleh Martin Braithwaite yang datang dari bangku cadangan.

Hal ini kemudian membuat Koeman merasa bangga. Bahkan kemenangan ini pun mengulang kesuksesan mereka pada laga terakhir, yang juga melawan Sevilla di ajang Liga Spanyol. Pada laga yang berselang empat hari tersebut, Barcelona menang dengan skor 2-0.

Koeman pun mengakui kemenangan tersebut memberi skuadnya kepercayaan diri. Apalagi, pada laga tersebut, Koeman menggunakan formasi baru yakni 3-5-2. Belajar dari laga terakhir itu, Koeman pun kembali menerapkan format yang sama di Camp Nou.

“Itu (kemenangan atas Sevilla di Liga Spanyol) sangat penting untuk kepercayaan diri kami,” ungkap Koeman, mengutip dari Marca, Kamis (4/3/2021).

Barcelona vs Sevilla

“Cara kami bermain di sana. Itu adalah pertandingan pertama kami (dengan formasi 3-5-2). Kami mencoba memainkan permainan yang sama hari ini dan kami melakukannya,” tambahnya.

“Kami berhasil mencetak tiga gol dan bisa mencetak lebih banyak. Anda tidak bisa meminta lebih,” pungkas pelatih berpaspor Belanda tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini