5 Pesepakbola Hebat yang Pensiun Tanpa Trofi Ballon dOr

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 51 2371471 5-pesepakbola-hebat-yang-pensiun-tanpa-trofi-ballon-dor-9DP8BKqqRH.jpg Trofi Ballon dOr. (Foto/Reuters)

BALLON D'OR dianggap sebagai puncak penghargaan individu dalam sepakbola. Sejumlah pemain kelas dunia bermimpi bisa meraih penghargaan tersebut.

Penghargaan Ballon d'Or pertama kali diselenggarakan pada 1956. Trofi digagas oleh jurnalis majalah France Fottball, Gabriel Hanot. Edisi pertama Ballon d'Or diraih oleh Stanley Matthews dari Blackpool.

Foto/Real Madrid

Pemenang Ballon d'Or, awalnya dipilih berdasarkan suara dari jurnalis sepakbola dari Eropa dan untuk pemain Eropa. Perubahan aturan diberlakukan pada 1995. Pemain non-Eropa pertama yang memenangkan penghargaan ini adalah pemain AC. Milan, George Weah pada tahun yang sama. Pada 2007, setiap pemain di dunia memenuhi syarat untuk dipilih dan terpilih.

Selama lebih dari satu dekade, Ballon d'Or didominasi oleh Lionel Messi (6 kali) dan Cristiano Ronaldo (5 kali).

Baca juga: 5 Pesepakbola Beragama Islam dengan Gelar Terbanyak, Nomor 1 Tembus 25 Trofi

Namun, akibat sejumlah faktor, termasuk kriteria kelayakan, bias voting, dan alasan lain sejak dimulainya penghargaan telah menyebabkan beberapa legenda sepakbola tidak pernah mengangkat trofi Ballon d'Or.

Beriktu lima pemain kelas dunia yang sudah pensiun tanpa memenangkan Ballon d'Or:

5. Thierry Henry

Tidak diragukan lagi Thiery Hendri adalah salah satu penyerang terhebat. Dia pemain yang memenangkan hampir semua titel, tetapi dianggap sebagai legenda yang tidak pernah mendapatkan Ballon d'Or.

Baca juga: 5 Pesepakbola Terbaik Dunia pada 2021, Siapa Saja?

Pada 2003, saat Arsenal tak terkalahkan di Liga Inggris, striker asal Prancis itu hanya menjadi runner-up di belakang Pavel Nedved. Pada 2006, ia berada di urutan ketiga di belakang Gianluigi Buffon dan Fabio Cannavaro.

Foto/Okezone

4. Xavi

Xavi adalah maestro lini tengah. Barcelona dan Spanyol tidak akan pernah bisa menjadi tim hebat pada pertengahan 2000-an tanpa kejeniusannya.

Sayangnya, Xavi mencapai puncaknya di era Lionel Messi, yang membuatnya menempati posisi ketiga di Ballon d'Or pada tiga kesempatan (2009-2011).

Foto/Reuters

Namun demikian, kontribusi Xavi diakui banyak orang. Dia merupakan salah satu gelandang terhebat meski takmeraih trofi Ballon d'Or.

3. Raul Gonazalez

Selain menjadi pencetak gol yang produktif, Raul adalah pemain yang setia untuk Real Madrid. Dia berseragam Madrid selama selama 16 tahun.

Namun, terlepas dari eksploitasi pencetak golnya yang luar biasa untuk Los Blancos, Raul tidak pernah memenangkan Ballon d'Or, secara kontroversial dia kehilangan trofi dari rekan setimnya di Michael Owen pada 2001.

Foto/Real Madrid

Owen memang dianggap sebagai salah satu pemain Inggris terhebat yang pernah ada, tetapi pencapaian Raul selama setahun terakhir lebih unggul. Dia menjadi top skor Liga Champions, meraih titel Liga Spanyol dan Piala Super.

Faktanya, kemenangan Owen dikabarkan akibat dari politik karena tidak ada pemain Inggris yang memenangkan Ballon d'Or sejak kemenangan Kevin Keegan pada 1979.

2. Diego Maradona

Diego Maradona akan dikenang karena banyak hal. Terutama untuk dua insiden melawan Inggris di Piala Dunia 1986. Namun yang terpenting, dia akan dikenang sebagai salah satu pemain terhebat yang pernah menghiasi lapangan.

Foto/Reuters

Meskipun dia bermain di Eropa, terutama untuk Barcelona dan Napoli, aturan Ballon d'Or saat itu, membuat dia tidak akan pernah bisa mengambil penghargaan yang pantas dia dapatkan.

1. Pele

Pele memiliki keterampilan menggiring bola yang luhur, passing yang visioner, dan kecakapan dengan kedua kakinya. Dia merupakan pencetak gol terbanyak Brasil sepanjang masa dengan 77 gol.

Sayangnya, aturan Ballon d'Or selama saat Pele masih menjadi pemain, membuat dia tidak pernah memenuhi syarat untuk memenangkan trofi bergengsi ini. Namun, Pele dianugerahi Ballon d'Or kehormatan pada 2013.

Foto/Sportsman 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini