Dikartu Merah, Berapa Lama Lionel Messi Bakal Absen?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 46 2346166 dikartu-merah-berapa-lama-lionel-messi-bakal-absen-ris8ED8yjX.JPG Lionel Messi diusir keluar lapangan (Foto: Reuters/Marcelo Del Pozo)

SEVILLA – Kartu merah langsung diterima Lionel Messi pada injury time babak tambahan laga Final Piala Super Spanyol antara Barcelona vs Athletic Bilbao, Senin (18/1/2021) dini hari WIB. Kini, La Pulga dipastikan absen untuk minimal satu laga, yakni kontra Cornella di ajang Copa del Rey.

Seperti diketahui, laga Final Piala Super Spanyol itu dimenangi Athletic Bilbao dengan skor 3-2. Namun, bukan itu yang menjadi cerita utama, melainkan kartu merah yang diterima Lionel Messi. Pesepakbola berusia 33 tahun itu didakwa melakukan tindakan kekerasan pada injury time babak tambahan.

Ditilik dari tayangan ulang, Lionel Messi memang memukul striker Athletic Bilbao Asier Villalibre dari belakang. Ia diduga kesal karena arah larinya dihalangi oleh pemain berusia 23 tahun itu. Wasit awalnya tidak melihat insiden tersebut dan meneruskan pertandingan.

Baca juga: Lionel Messi Dikartu Merah, Ronald Koeman Ogah Kritik Wasit

Lionel Messi dikartu merah langsung (Foto: Reuters/Marcelo del Pozo)

Namun, setelah mendapat bisikan dari VAR, Jesus Gil Manzano langsung melihat tayangan ulang. Tidak lama, ia mencabut kartu merah dari saku untuk Lionel Messi. Itu merupakan kartu merah pertama yang diterima The Messiah sepanjang karier profesionalnya.

“Di menit 120, pemain bernomor punggung 10 Lionel Andres Messi Cuccittini diusir keluar dengan alasan berikut: memukul lawan memakai lengan dengan kekuatan penuh ketika bola masih bergulir,” bunyi laporan pertandingan yang ditulis wasit Gil Manzano, dikutip dari AS, Senin (18/1/2021).

Mengacu pada laporan itu, bisa diperkirakan berapa lama Lionel Messi bakal absen. Pesepakbola asal Argentina itu pasti absen pada laga berikutnya, kontra Cornella di ajang Copa del Rey, Kamis 21 Januari 2021 dini hari WIB. Namun, jumlah itu bisa saja bertambah.

Otoritas La Liga dan Federasi Sepakbola Spanyol akan lebih dulu menilai aksi kekerasan yang dilakukan Lionel Messi. Dari kartu merah saja, pemain bernomor punggung 10 itu bisa absen 1-3 pertandingan, dengan minimal dua laga karena pelanggaran terjadi saat bola masih dalam keadaan hidup.

Andai didakwa bersalah telah menggunakan kekerasan, Lionel Messi bisa mendapat sanksi tambahan. Hukuman larangan bermain bisa bertambah menjadi empat laga. Tentu saja, semuanya tergantung dari penilaian otoritas berwenang, termasuk pasal disiplin apa yang dilanggar.

Lionel Messi baru pulih dari cedera

Apabila hukuman bertambah menjadi dua pertandingan, maka Lionel Messi absen di laga kontra Cornella dan Elche (Liga Spanyol). Ia baru bisa kembali tepat pada laga melawan Athletic Bilbao di Stadion Camp Nou pada Senin 1 Februari 2021 dini hari WIB.

Yang pasti, Ronald Koeman wajib putar otak untuk menyiasati absennya Lionel Messi dalam beberapa laga ke depan. Padahal, pemain kelahiran Rosario Central itu baru saja pulih dari cedera paha yang dideritanya pekan lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini