Lionel Messi Dikartu Merah, Ronald Koeman Ogah Kritik Wasit

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 08:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 46 2346152 lionel-messi-dikartu-merah-ronald-koeman-ogah-kritik-wasit-PT5HrmTQFL.JPG Ronald Koeman menghampiri Lionel Messi (Foto: Reuters/Marcelo Del Pozo)

SEVILLA – Wasit Gil Manzano mencabut kartu merah langsung untuk Lionel Messi pada laga Final Piala Super Spanyol antara Barcelona vs Athletic Bilbao, Senin (18/1/2021) dini hari WIB. Ronald Koeman enggan mengomentari kartu merah tersebut, tetapi memahami situasi yang terjadi.

Seperti diketahui, laga Final Piala Super Spanyol itu dimenangi Athletic Bilbao dengan skor 3-2. Namun, bukan itu yang menjadi cerita utama, melainkan kartu merah yang diterima Lionel Messi. La Pulga didakwa melakukan tindakan kekerasan pada injury time babak tambahan.

Ditilik dari tayangan ulang, Lionel Messi memang memukul striker Athletic Bilbao Asier Villalibre dari belakang. Ia diduga kesal karena arah larinya dihalangi oleh pemain berusia 23 tahun itu. Wasit awalnya tidak melihat insiden tersebut dan meneruskan pertandingan.

Baca juga: Barcelona Gagal Raih Piala Super Spanyol, Koeman: Bukan Kemunduran

Lionel Messi dikartu merah langsung (Foto: Reuters/Marcelo del Pozo)

Namun, setelah mendapat bisikan dari VAR, Jesus Gil Manzano langsung melihat tayangan ulang. Tidak lama, ia mencabut kartu merah dari saku untuk Lionel Messi. Itu merupakan kartu merah pertama yang diterima The Messiah sepanjang karier profesionalnya.

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengaku paham dengan situasi yang terjadi. Ia justru tidak habis pikir dengan penilaian wasit Jesus Gil Manzano. Sebab, Athletic Bilbao bermain cukup kasar di pertandingan tersebut.

“Saya memahami apa yang terjadi. Saya tidak tahu berapa banyak pelanggaran yang dibuatnya (Messi). Dia hanya mencoba menggiring bola, tetapi tidak bisa. Lebih baik saya tidak berbicara soal wasit,” ungkap Ronald Koeman, dilansir dari Marca, Senin (18/1/2021).

Sepanjang 90 menit pertandingan, Athletic Bilbao melakukan 24 pelanggaran. Atas banyaknya pelanggaran itu, Jesus Gil Manzano mencabut tiga lembar kartu kuning yang ditujukan kepada Asier Villalibre, Jon Morcillo, dan Dani Garcia.

Lionel Messi sendiri menjadi korban keganasan pemain-pemain Los Leones. Pesepakbola asal Argentina itu dilanggar sebanyak delapan kali sepanjang 120 menit pertandingan. Tidak heran, ia begitu frustrasi dengan aksi kasar lawan.

Inaki Williams cetak gol kemenangan (Foto: Reuters/Marcelo del Pozo)

Yang pasti, Barcelona gagal meraih trofi pertama mereka di era Ronald Koeman. Pelatih asal Belanda itu menilai kegagalan Lionel Messi dan kawan-kawan memenangi trofi bukan berarti sebuah langkah mundur.

“Ini bukan sebuah kemunduran. Trofi memang cara paling nyaman untuk menunjukkan Anda berada di jalur yang tepat, tetapi kami sudah menunjukkan kami tetap ada di jalur yang tepat,” tukas Ronald Koeman, disitat dari Football Espana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini