Barcelona Gagal Raih Piala Super Spanyol, Koeman: Bukan Kemunduran

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 07:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 46 2346130 barcelona-gagal-raih-piala-super-spanyol-koeman-bukan-kemunduran-khWizdmwpo.JPG Ronald Koeman memberi instruksi (Foto: Reuters/Marcelo Del Pozo)

SEVILLA – Pil pahit harus ditelan oleh Barcelona dan Ronald Koeman. Trofi pertama yang ada di depan mata harus melayang ke tangan Athletic Bilbao. Pelatih asal Belanda itu yakin kekalahan di Final Piala Super Spanyol bukan sebuah kemunduran.

Harapan tinggi diusung segenap personel Barcelona menjelang Final Piala Super Spanyol di Stadion Olimpiade, Sevilla, Senin (18/1/2021) dini hari WIB. Itu akan menjadi trofi pertama mereka di era kepelatihan Ronald Koeman sekaligus mengakhiri puasa sejak 2019.

Tipis saja jarak antara Barcelona dengan kemenangan. Hingga menit 90, Lionel Messi dan kawan-kawan masih unggul 2-1 berkat dwigol Antoine Griezmann. Sayangnya, genggaman tangan di trofi terlepas gara-gara gol Asier Villalibre di menit akhir.

Baca juga: Lionel Messi Kartu Merah, Barcelona Takluk dari Bilbao di Final Piala Super Spanyol 2021

Barcelona sempat memimpin 2-1 (Foto: Reuters)

Pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan dan petaka Barcelona kian bertambah. Inaki Williams membawa timnya berbalik unggul 3-2 pada menit 93. Usaha Blaugrana mengejar ketertinggalan tidak membuahkan hasil.

Athletic Bilbao akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2. Selepas pertandingan, Ronald Koeman meyakini Barcelona tetap ada di jalur yang benar untuk meraih trofi. Kekalahan ini dinilainya bukan sebuah langkah mundur.

“Ini bukan sebuah kemunduran. Trofi memang cara paling nyaman untuk menunjukkan Anda berada di jalur yang tepat, tetapi kami sudah menunjukkan kami tetap ada di jalur yang tepat,” ujar Ronald Koeman, disitat dari Football Espana, Senin (18/1/2021).

Eks gelandang Barcelona itu menilai timnya sudah bekerja keras untuk meraih kemenangan. Akan tetapi, mereka dihinggapi kelelahan ketika laga harus berlanjut ke babak tambahan. Sekali pun kalah, pengalaman bermain di final diyakini bakal berguna untuk sejumlah anak muda yang diturunkan.

“Kami sudah mencoba segalanya untuk menang, tetapi kami sungguh kelelahan. Untuk banyak pemain, ini akan menjadi sebuah pengalaman yang bagus untuk bermain pada laga final,” tukas Ronald Koeman.

Inaki Williams cetak gol kemenangan (Foto: Reuters/Marcelo del Pozo)

Sekadar informasi, Final Piala Super Spanyol adalah pertandingan kelima yang dijalani Barcelona sejak awal Januari 2021. Apalagi, El Barca harus melalui 120 menit plus adu penalti guna menyingkirkan Real Sociedad dari Semifinal Piala Super Spanyol pada Kamis 14 Januari.

Kendati gagal mengawali tahun dengan sebuah trofi, Barcelona memang masih ada di jalur yang tepat. Mereka saat ini duduk di peringkat tiga klasemen Liga Spanyol 2020-2021. Sementara di Liga Champions, Barcelona sukses melangkah ke 16 besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini