Kunci Kemenangan Juventus Hentikan 27 Laga Tak Terkalahkan Milan di Liga Italia

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 07:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 47 2340236 kunci-kemenangan-juventus-hentikan-27-laga-tak-terkalahkan-milan-di-liga-italia-yuetwytae9.jpg Juventus menang 3-1 atas AC Milan. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

MILAN – Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, menyebut dua kunci kemenangan 3-1 timnya atas AC Milan di pekan ke-16 Liga Italia 2020-2021, Kamis (7/1/2021) dini hari WIB. Pirlo menyebut, tidak membiarkan Federico Chiesa bergerak seperti biasanya dan enggan melihat hasil pertandingan lain menjadi kunci kemenangan Bianconeri –julukan Juventus.

Juventus mendapatkan kabar baik jelang laga yang digelar di Stadion San Siro tersebut. Sebab, Napoli dan Inter Milan yang merupakan pesaing mereka dalam perebutan gelar juara Liga Italia 2020-2021, di luar dugaan mengalami kekalahan.

Juventus

(Federico Chiesa bintang kemenangan Juventus atas Milan)

Inter disikat Sampdoria 1-2, sedangkan Napoli dikalahkan Spezia 1-2 di kandang sendiri. Hasil di atas meningkatkan kepercayaan diri Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan yang bertekad memperbaiki posisi mereka di klasemen.

Meski dihadapkan dengan AC Milan yang tidak terkalahkan dalam 27 laga terkini Liga Italia (20 menang dan 7 imbang), skuad Juventus sama sekali tak gentar. Dalam laga ini, pelatih Juventus Andrea Pirlo sebenarnya agak kebingungan.

Sebab, dua fullback andalannya, yakni Alex Sandro dan Juan Cuadrado tak bisa bermain imbas positif Covid-19. Karena itu, untuk membantu pertahanan, Federico Chiesa yang biasa fokus menyerang, kali ini diperbantukan untuk meringankan beban fullback kanan Juventus, Danilo Luiz.

BACA JUGA: Takluk dari Juventus, AC Milan Justru Disebut Kandidat Scudetto

Hasilnya luar biasa. Federico Chiesa yang merupakan mantan pemain Fiorentina mencetak dua dari tiga gol Juventus. Winger Timnas Italia itu mencetak gol pada menit 18 dan 62.

Di sela-sela gol Federico Chiesa, Milan sebenarnya mampu mencetak gol via aksi Davide Calabria pada menit 41. Namun, alih-alih menyamakan kedudukan, Milan justru kembali kebobolan.

Juventus

Juventus mencetak gol ketiga via tembakan kaki kanan Weston McKennie pada menit 76, memanfaatkan umpan silang Dejan Kulusevki. Gol tersebut membuat skor berubah 3-1 untuk keunggulan Juventus dan bertahan hingga akhir.

“Penting bagi kami untuk tidak memikirkan hasil yang didapatkan tim-tim di atas kami. Sebab, kami berkonsentrasi pada kemajuan kami sendiri. Kami akan melihat dalam beberapa bulan di mana kami akan berada,” kata Pirlo mengutip dari Football Italia, Kamis (7/1/2021).

“Kunci taktik mungkin menempatkan Chiesa melawan Theo Hernandez. Idenya adalah tetap meminta Chiesa untuk membantu pertahanan dan tidak membiarkan dia maju sebebas biasanya. Mungkin posisinya sedikit berubah, tapi perannya tidak,” lanjut Pirlo.

Berkat kemenangan ini Juventus naik ke posisi empat klasemen Liga Italia 2020-2021 dengan koleksi 30 angka, terpaut tujuh poin dari Milan di puncak. Juventus memiliki peluang merapatkan jarak dari Milan karena memiliki tabungan satu pertandingan yang belum dimainkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini