5 Gelandang Terbaik Sepanjang Sejarah Sepakbola

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 51 2315846 5-gelandang-terbaik-sepanjang-sejarah-sepakbola-K6stqpkRZz.jpg Roy Keane. (Foto/Man United)

SEPAKBOLA adalah urusan mencetak gol. Tidak heran jika gelandang serang dan penyerang biasanya menjadi pemain yang paling mendapat sorotan. Namun, ada pahlawan tanpa tanda jasa di tim mana pun. Mereka adalah gelandang bertahan.

Seorang gelandang bertahan rela melakukan pekerjaan kotor di lini tengah lapangan. Dia mempunyai peran sebagai pemecah serangan lawan, mengatur serangan dan mengontrol ritme permainan.

Seorang gelandang bertahan tidak hanya harus sangat terampil, tetapi dia juga harus bugar secara fisik dan dapat menempatkan dirinya di area yang tepat.

Berikut lima gelandang bertahan terbaik sepanjang masa menyadur Sportskeeda:

5. Claude Makelele

Claude Makelele adalah salah satu pemain paling penting Real Madrid dan Chelsea pada era 2000-an. Pemain asal Prancis ini sangat bagus dalam penempatan posisi serta merebut bola.

Kehadiran Makelele membuat gelandang kreatif seperti Zinedine Zidane dan Frank Lampard bermain dengan tenang dan bebas. Perannya membuat Zidane dan Lampard bisa mengekspresikan diri tanpa memikirkan bertahan.

Foto/Chelsea

Baca juga: 5 Pesepakbola Pengkhianat yang Bikin Heboh, Nomor 1 Absen di Final Liga Champions

4. Didier Deschamps

Deschamps adalah kapten Tim Nasional (Timnas) Prancis di Piala Dunia 1998 Prancis. Dia gelandang bertahan tangguh yang memainkan perannya dengan sempurna.

Foto/Juventus

Pelatih Timnas Prancis saat ini, memiliki kemampuan mengatur serangan Prancis dengan cara merebut bola. Deschamps kemudian akan meneruskan bola ke pemain yang memiliki kemampuan menyerang lebih baik.

Tak hanya di Timnas Prancis, peran Deschamps di Marseille, juga gemilang. Dia membantu timnya memenangkan Liga Champions. Dia juga membawa Juventus gelar Liga Champions dan tiga gelar Liga Italia.

3. Roy Keane

Salah satu gelandang bertahan terhebat yang bermain di Liga Inggris. Keane telah menjadi legenda untuk Manchester United.

Foto/Premier League

Keane terkenal karena tekelnya yang keras, agresi dan kemampuannya untuk merebut bola dari lawan. Roy Keane adalah salah satu pemain terpenting Sir Alex Ferguson di Manchester United.

Pemain asal Irlandia ini adalah pemimpin sejati di lapangan yang menginspirasi rekannya. Dia telah memenangkan tujuh gelar Liga Inggris selama membela Man United.

2. Sergio Busquets

Lini tengah Barcelona dan Timnas Spanyol didominasi Xavi dan Iniesta. Namun, ada seorang pemain yang paling vital lainnya, yakni Sergio Busquets.

Foto/Barcelona

Busquets melakukan semua pekerjaan kotor di sektor sentral, yang memungkinkan para pemain di Barcelona dan Timnas Spanyol memainkan sepakbola yang indah. Dia menjaga para pemain kreatif mengekspresikan diri untuk melakukan serangan.

Busquets tidak hanya bagus saat menempatkan posisi dan merebut bola. Dia juga andal dalam membantu serangan dengan operan sederhananya namun mematikan.

1. Lothar Matthaus

Satu-satunya pemain Jerman yang memenangkan penghargaan Ballon d'Or dan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA. Lothar Matthaus bisa dibilang sebagai gelandang bertahan terhebat sepanjang masa.

Foto/FIFA

Legenda Bayern Munich dan Timnas, Lothar Matthaus mendominasi lawan-lawannya di lini tengah. Dia dianugerahi bakat luar biasa yang cekatan untuk menjaga lawannya serta kemampuannya strategi.

Rasa hormat yang dimiliki Matthaus dalam permainan dapat dilihat dari fakta bahwa Diego Maradona menyebut gelandang Jerman itu sebagai “rival terbesarnya”.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini