Adaptasi Jadi Kunci Cristiano Ronaldo Moncer Bersama Juventus

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 47 2311301 adaptasi-jadi-kunci-cristiano-ronaldo-moncer-bersama-juventus-RVnmGchl7i.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: Twitter/@cristiano)

PORTO Cristiano Ronaldo menjadi andalan Juventus dalam dua musim terakhir ini. Peran Ronaldo tidak tergantikan di lini depan Juventus meski sudah berumur 35 tahun. Mantan pemain Tim Nasional (Timnas) Portugal, Nuno Gomes, menilai kunci keberhasilan Ronaldo bersama Juventus adalah adaptasi.

Ronaldo didatangkan Juventus dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2018. Pemain asal Portugal itu awalnya diprediksi akan langsung tampil apik di Liga Italia. Akan tetapi, pemain tersubur dalam sejarah Madrid itu ternyata cukup kesulitan memulai kariernya di Liga Italia.

Cristiano Ronaldo (Foto: Twitter/@ChampionsLeague)

Gomes yang pernah dua tahun bermain di Liga Italia bersama Fiorentina, sangat paham bagaimana sulitnya menembus pertahanan klub-klub di Negeri Pizza itu. Gomes menyatakan bek-bek di Liga Italia sangat apik secara taktik.

Hal itu yang membuat Ronaldo tidak mampu mencetak gol dalam tiga pertandingan pertamanya di Liga Italia. Akan tetapi, Ronaldo perlahan-lahan beradaptasi sehingga bisa mencetak gol di pertandingan keempatnya bersama Juventus saat melawan Sassuolo. Juventus menang 2-1 dan semua gol diborong Ronaldo.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola dengan Gol Internasional Terbanyak

Sejak itu, Ronaldo menjadi andalan Juventus untuk membobol gawang lawan. Ronaldo telah membuat 71 gol dan 19 assist untuk Juventus sejauh ini. Jumlah itu kemungkinan besar akan bertambah seiring di masa depan.

“Bek Italia secara taktik sangat bagus dan mampu melakukan semua yang diminta pelatih. Sistem pertahanan adalah satu blok, mereka semua bergerak bersama-sama dan bahkan Cristiano (Ronaldo) sedikit berjuang ketika baru tiba,” ujar Gomes, menyadur dari Sportskeeda, Selasa (17/11/2020).

“Dia terbiasa menerima bola, memiliki ruang, dan waktu untuk berpikir. Sementara itu, di Italia, Anda harus lebih cepat, Anda harus berpikir sepakbola. Cristiano mengerti itu dan beradaptasi, dengan demikian dia meningkat,” tuturnya.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo dan Messi Sama-Sama Main Besok, Siapa yang Cetak Gol?

Ketajaman Ronaldo akan kembali menjadi andalan saat Juventus melawan Cagliari di Liga Italia 2020-2021. Juventus akan melawan Cagliari di Allianz Stadium, Minggu 22 November 2020, dini hari WIB.

Kemenangan penting untuk Juventus demi menaikkan posisinya di klasemen sementara. Juventus kini menempati posisi kelima dengan koleksi 13 poin. Bianconeri –julukan Juventus– tertinggal empat poin dari AC Milan di posisi pertama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini