5 Pesepakbola dengan Gol Internasional Terbanyak

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 51 2310917 5-pesepakbola-dengan-gol-internasional-terbanyak-TRcAEMtxzu.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: Twitter/@EURO2020)

BANYAK pesepakbola hebat yang tampil tajam bersama klubnya masing-masing. Akan tetapi, tidak semua bisa melakukan hal serupa di level internasional. Cukup sulit untuk menjadi tajam ketika menjalankan tugas internasional karena kondisi antara klub dengan tim nasional (timnas) berbeda.

Para pemain melakukan latihan rutin pada setiap pekannya di klub, sedangkan bersama timnas tidaklah demikian. Latihan timnas dilakukan ketika jeda internasional atau turnamen antara negara-negara sedang berlangsung.

Frekuensi latihan yang berbeda, membuat bermain untuk timnas lebih sulit karena kekompakan antara pemain tidak seperti di klub. Akan tetapi, ada beberapa pesepakbola yang tetap tajam bersama timnas layaknya di klub. Berikut lima pesepakbola dengan gol internasional terbanyak yang dirangkum Okezone:

5. Godfrey Chitalu (Zambia)

Godfrey Chitalu (Foto: Bleacher Report)

Godfrey Chitalu adalah andalan Timnas Zambia di berbagai pertandingan internasional. Pemain kelahiran 22 Oktober 1947 itu sudah mencetak 79 gol dalam 108 pertandingan Timnas Zambia.

Chitalu yang memiliki karier apik sebagai pemain, menjadi pelatih setelah pensiun. Dia melatih Warriors, lalu menukangi Timnas Zambia. Melatih Timnas Zambia adalah pekerjaan terakhir Chitalu di sepakbola dan dunia ini.

Chitalu dan rombongan Timnas Zambia wafat setelah mengalami kecelakaan pesawat tragis di lepas pantai Gabon pada 1993. Chitalu telah lama meninggal dunia, tetapi namanya abadi di sejarah sepakbola Zambia.

4. Kunishige Kamamoto (Jepang)

Kunishige Kamamoto (Foto: AFC)

Posisi keempat diisi oleh pemain Asia, yaitu Kunishige Kamamoto. Kamamoto adalah ujung tombak Timnas Jepang ketika masih aktif bermain. Pria kelahiran 15 April 1944 itu mencetak 80 gol dalam 84 pertandingan untuk Timnas Jepang. Rekor gol Kamamoto bersama Timnas Jepang belum bisa disamai oleh pemain mana pun hingga sekarang.

3. Ferenc Puskas (Hungaria dan Spanyol)

Ferenc Puskas (Foto: FIFA)

Ferenc Puskas adalah sosok yang memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar Real Madrid. Ketajamannya di depan gawang lawan menjadikan Puskas legenda Madrid. Selain di Madrid, Puskas juga menjadi legenda bersama Timnas Hungaria.

Puskas telah mencetak 84 gol dalam 85 pertandingan bersama Timnas Hungaria. Puskas membuat kejutan dengan membela Timnas Spanyol pada 1960-an. Akan tetapi, Puskas gagal mencetak gol dalam empat pertandingan bersama Timnas Spanyol.

2. Cristiano Ronaldo (Portugal)

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters/Rafael Marchante)

Cristiano Ronaldo adalah salah satu pesepakbola terbaik dalam sejarah sepakbola jika bukan yang terhebat. Ronaldo menjadi sumber gol bagi setiap klub yang dibelanya. Ronaldo pun tajam saat membela Timnas Portugal. Cr7 –julukan Ronaldo– sudah mencetak 102 gol dalam 168 pertandingan untuk Timnas Portugal. Pemain berumur 35 tahun itu hanya tertinggal tujuh gol dari penyerang Timnas Iran, Ali Daei, yang merupakan top skor internasional.

1. Ali Daei (Iran)

Ali Daei (Foto: Reuters/Tariq AlAli)

Ali Daei adalah pencetak gol terbanyak internasional yang rekornya kini dalam pantauan Ronaldo. Daei menjadi andalan Timnas Iran dalam urusan membobol gawang lawan. Daei mencetak 109 gol dalam 149 penampilan bersama Timnas Iran.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini