Kalahkan Serbia Lewat Adu Penalti, Skotlandia Lolos ke Piala Eropa 2020

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 05:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 51 2308808 kalahkan-serbia-lewat-adu-penalti-skotlandia-lolos-ke-piala-eropa-2020-OkxysOjxX8.jpg Timnas Serbia vs Timnas Skotlandia (Foto: Darko Djurica/REUTERS)

BEOGARD – Tim nasional (Timnas) Skotlandia berhasil meraih hasil sempurna ketika menjalani partai final playoff path B Piala Eropa 2020. Menghadapi Serbia, skuad The Blues –julukan Skotlandia– berhasil memenangkan laga dengan skor 5-4 atas lawannya melalui drama adu penalti.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Rajko Mitic, Jumat (13/11/2020) dini hari WIB, Skotlandia memang bermain mengesankan sejak menit awal. Bahkan Skotlandia berhasil beberapa kali menebar ancaman ke gawang Serbia. Namun sejumlah kans mereka harus gagal jadi gol.

Pada pertengahan babak pertama, Skotlandia berhasil mendapatkan sebuah peluang emas setelah Andrew Robertson mengirimkan umpan silang kepada Lyndon Dykes. Umpan silang Robertson itu disambut Dykes dengan sundulan. Tapi kiper Serbia, Predrag Rajkovic, berhasil menepisnya.

Serbia vs Skotlandia

Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 0-0 pun masih menghiasi papan skor pertandingan antara Serbia melawan Skotlandia. Pada babak kedua, Skotlandia sama sekali tak mengubah gaya bermain mereka. Ya, mereka tetap melancarkan tekanan demi tekanan ke pertahanan Serbia.

Upaya Skotlandia tersebut pun akhirnya berbuah gol tepatnya pada menit ke-52 setelah Ryan Christie mencatatkan namanya di papan skor. Ya, Christie berhasil meneruskan umpan tarik dari Callum McGregor dengan sepakan yang meluncur deras ke dalam gawang Serbia.

Baca Juga: Bungkam Islandia Secara Dramatis, Hungaria Melaju ke Putaran Final Piala Eropa 2020

Tersentak dengan gol Skotlandia, membuat Serbia memperbaiki performa mereka dengan melancarkan tekanan. Alhasil, sebuah kans emas didapat kubu tuan rumah via aksi dari Dusan Tadic. Namun sepakan kapten Serbia itu masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Skotlandia.

Pada menit ke-84, Serbia kembali dapat kans emas untuk bisa menyamakan kedudukan. Berawal dari sepak pojok yang dilepaskan oleh Sasa Lukic, bola pun disambut oleh Nikola Milenkovic dengan sundulannya. Tapi upaya sundulan Milenkovic masih membentur tiang gawang.

Upaya Serbia untuk bisa menyamakan kedudukan akhirnya tercipta ketika laga hanya menyisahkan beberapa menit lagi. Adalah Luka Jovic yang berhasil membobol rapatnya pertahanan Skotlandia, setelah sundulannya yang memaksimalkan umpan dari Filip Mladenovic gagal digapai oleh David Marshall.

Skor 1-1 pun bertahan hingga babak kedua laga antara Serbia melawan Skotlandia berakhir. Situasi tersebut pun membuat pertandingan antara Serbia melawan Skotlandia harus berlanjut ke babak tamabahan.

Pada 30 menit babak tambahan berlangsung, baik Serbia atau pun Skotlandia gagal memaksimalkan kesempatan mereka untuk mencetak gol keduanya di laga ini. Kondisi tersebut pun membuat laga ini berlanjut ke babak adu penalti.

Baca Juga: Dini Hari Nanti Diketahui 24 Negara yang Tampil di Piala Eropa 2020

Dalam babak adu penalti, Skotlandia lebih beruntung ketimbang Serbia. Pasalnya kelima penendang Skotlandia berhasil menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Sementara Serbia hanya empat penendang penalti mereka yang berhasil. Skotlandia pun menang 5-4 atas Serbia.

Dengan kemenangan ini, maka Skotlandia dipastikan melaju ke putaran final Piala Eropa 2020 yang berlangsung pada musim panas tahun depan. Skotlandia sendiri bakal tergabung di Grup D bersama Inggris, Kroasia dan Republik Ceko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini